Berniat bekerja menjadi CS? Simak terlebih dahulu penjelasan tugas customer service selengkapnya di sini!
Customer service merupakan salah satu pekerjaan yang paling banyak diminati di Indonesia.
Profesi ini tidak menuntut kualifikasi dan skill yang tinggi, sehingga semua orang bisa masuk dan mencoba.
Akan tetapi, peran customer service ternyata tidak semudah yang kamu pikirkan.
Agar tidak salah paham, simak tugas customer service selengkapnya di bawah ini!
Pengertian Customer Service
Apa itu customer service?
Customer service adalah profesi yang berkecimpung di dunia layanan.
Layanan ini ditawarkan oleh perusahaan sebelum dan sesudah kita membeli sebuah produk atau jasa.
Selain itu, customer service juga bisa dideskripsikan sebagai interaksi langsung antara pembeli dan perwakilan perusahaan ketika berdiskusi tentang produk.
Biasanya, topik diskusi adalah sekitar pertanyaan, keluhan, atau laporan soal produk terkait.
Sebagai contoh, kamu membeli mesin cuci SHARP dan belum paham soal fitur-fitur canggih di dalamnya.
Maka, kamu bisa menelpon CS atau datang langsung ke service SHARP yang tersedia.
Di era modern ini, bentuk customer service semakin berkembang.
Jika dulu hanya bisa dijangkau lewat surat dan telepon, kini CS bisa kamu hubungi lewat sosial media, SMS, Whatsapp, dan jalur komunikasi lainnya.
Tugas Customer Service
Lantas, apa saja tugas customer service?
Melansir glints.com, berikut adalah tugas tugas customer service yang lengkap.
- Mencari pembeli atau pelanggan dengan cara menjual dan merekomendasikan sebuah produk dan jasa
- Menjelaskan produk dan jasa yang ditawarkan secara lengkap dan ramah
- Menjelaskan keuntungan dan kelebihan dari jasa atau produk yang ditawarkan sampai pembeli yakin untuk membeli
- Menjawab pertanyaan dari pelanggan tentang jasa atau barang yang dimiliki perusahaan
- Membantu customer dalam membuat akun baru jika dibutuhkan
- Mencatat informasi baru tentang pelanggan ketika akun diperbarui dan detail akun berubah
- Mendengarkan keluhan pelanggan dengan sabar
- Bisa mengidentifikasi penyebab masalah dalam keluhan dan mengatasinya dengan cermat
- Mampu memberikan tanggapan yang jujur dan objektif, dengan kata lain tidak bias
- Menindaklanjuti keluhan pelanggan, jika perlu menawarkan pemesanan ulang
- Menyampaikan keluhan kepada manajemen perusahaan
- Mengelola aplikasi CS di perusahaan masing-masing
Skill Customer Service
Melansir Forbes, ada lima skill customer service yang paling penting.
Adapun kelima skill customer service tersebut adalah sebagai berikut:
- Komunikasi yang bagus
- Memiliki empati terhadap semua orang
- Manajemen waktu
- Kemampuan untuk mengerti klien
- Kemauan untuk terus belajar
***
Itulah tugas customer service.
Semoga bermanfaat, Property People.
Baca ulasan lainnya di Berita.99.co.
Ikuti Google News dari Berita 99.co Indonesia agar kamu tak ketinggalan banyak informasi terbaru.
Simpel dan #SegampangItu melakukan jual beli rumah di www.99.co/id.
Cek sekarang juga!