Ketika ingin mengisi daya listrik, kita biasanya memasukkan pulsa ke dalam meteran. Proses ini umumnya berlangsung mudah tanpa kendala. Namun, apa jadinya jika tiba-tiba token listrik tidak masuk ke meteran?
Jika mengalami hal tersebut, jangan panik, karena sebagian orang juga pernah menghadapi masalah serupa.
Lalu, kenapa token listrik tidak bisa masuk?
Penyebab utama ternyata sangat beragam, mulai dari salah memasukkan kode meteran atau token, meteran yang bermasalah, token yang sudah kedaluwarsa, hingga gangguan pada sistem PLN.
Berbagai penyebab tersebut tentu dapat diatasi dengan sejumlah cara.
Nah, berikut beberapa cara mengatasi token listrik gagal masuk ke meteran.
Cara Mengatasi Token Listrik Tidak Bisa Masuk ke Meteran
1. Cek Ulang Nomor Token
Kesalahan memasukkan kode menjadi salah satu penyebab utama token listrik tidak dapat masuk ke meteran.
Perlu diketahui, token listrik terdiri dari 20 digit angka dan salah memasukkan satu angka saja dapat menyebabkan kegagalan pengisian ulang.
Oleh karena itu, saat melakukan pengisian daya, pastikan kode token yang dimasukkan benar.
Perlu diingat, jika token listrik gagal 3 kali, meteran prabayar dapat terblokir secara otomatis.
2. Cek Kondisi Instalasi dan Meteran Listrik
Gangguan pada instalasi listrik dapat menjadi salah satu penyebab token listrik gagal masuk ke meteran.
Jika terjadi gangguan, sebaiknya hindari memasukkan nomor token ke meteran, karena hal ini berisiko menyebabkan korsleting listrik.
Selain memeriksa instalasi, pastikan meteran berfungsi dengan baik.
Masalah pada meteran biasanya ditandai dengan munculnya tulisan “Blocked” atau simbol telapak tangan pada layar meteran.
3. Mereset Meteran Listrik
Salah satu cara untuk mengatasi token listrik yang tidak bisa masuk ke meteran adalah dengan mereset meteran.
Langkahnya tekan angka 00 pada keypad meteran, lalu tekan tombol “Enter”. Setelah itu, tunggu beberapa saat hingga proses reset selesai.
Jika sudah, coba masukkan nomor token kembali untuk memastikan masalah telah teratasi.
4. Ajukan Keluhan ke PLN Mobile
Jika cara mengatasi token listrik tidak bisa masuk meteran di atas sudah kamu lakukan tapi tak berhasil, sebaiknya segera ajukan keluhan ke pihak PLN.
PLN sendiri menyediakan layanan pengaduan untuk masyarakat di aplikasi PLN Mobile.
Jika kamu ingin mengadukan keluhan, berikut langkahnya:
- Download aplikasi PLN Mobile terlebih dahulu di Play Store atau App Store.
- Di halaman utama, pilih menu “Pengaduan”.
- Pilih opsi “Permasalahan kWh meter Pasca Bayar dan Pra Bayar”.
- Jika sudah, kamu perlu memilih ID pelanggan yang terdaftar. Lalu klik “Kirim Pengaduan”.
- Nantinya petugas PLN akan mendatangi rumah pengguna listrik.
5. Lapor ke Nomor Telepon PLN
Selain menggunakan aplikasi PLN Mobile, pengaduan terkait token listrik gagal mengisi meteran juga dapat dilakukan melalui layanan telepon PLN.
Kamu cukup menghubungi customer service PLN di nomor 123 dan menjelaskan masalah yang sedang dihadapi.
Petugas akan memverifikasi identitasmu terlebih dahulu.
Kemudian memberikan arahan untuk langkah-langkah yang perlu dilakukan, termasuk pemeriksaan yang mungkin memakan waktu beberapa hari.
Setelah pengaduan diterima, kamu akan diberikan nomor laporan.
Pastikan untuk mencatat nomor tersebut sebagai bukti pengaduan dan referensi untuk tindak lanjut.
***
Nah, itulah berbagai cara mengatasi token listrik tidak bisa masuk.
Smeoga membantu ya, Property People!
Baca juga informasi lainnya di www.99updates.id dan Google News.
Lagi cari rumah di kawasan PIK? Temukan #SegampangItu di laman www.99.co/id.
**Header: HariPrasetyo / Shutterstock