Banyak keperluan penting seperti pengajuan kredit yang memerlukan surat keterangan kerja. Kalau kamu berencana ingin membuatnya, yuk simak contoh surat keterangan kerja pada uraian berikut ini!
Surat keterangan kerja memiliki fungsi menjadi bukti tertulis bahwa seseorang yang bersangkutan sedang aktif bekerja atau pernah bekerja di sebuah perusahaan.
Isi dari surat keterangan kerja berupa dokumen penting bagi karyawan untuk memenuhi persyaratan administratif untuk berbagai urusan.
Nah, nantinya surat ini diberikan kepada pihak ketiga dan kemudian pihak ketiga tersebut akan mengonfirmasi ulang bahwa karyawan yang bersangkutan memang pernah bekerja di perusahaan tersebut.
Cara membuat surat keterangan kerja itu tidak terlalu sulit. Bahkan, kamu pun bisa membuatnya sendiri.
Namun sebelum membuatnya, ada baiknya kamu memahami fungsi pada surat keterangan kerja untuk kamu jadikan referensi.
Yuk, simak ulasannya di bawah ini!
Fungsi Surat Keterangan Kerja
1. Sebagai Syarat Pengajuan Kredit
Banyak bentuk pinjaman bank, seperti Kredit Pemilikan Rumah (KPR) meminta syarat lampiran surat keterangan kerja.
Fungsi dari surat tersebut sebagai jaminan bahwa pemohon memiliki penghasilan sehingga sanggup membayar cicilan.
2. Sebagai Syarat Pengajuan Beasiswa
Banyak beasiswa untuk studi lanjutan ke perguruan tinggi mengharuskan pelamar untuk menyertakan surat keterangan kerja.
Hal tersebut sebagai bukti pernah bekerja, karena tidak cukup hanya dengan menuliskan jenis pekerjaan saja.
3. Sebagai Syarat Melamar Pekerjaan
Dalam proses perekrutan, surat keterangan kerja dijadikan sebagai alat ukur pengalaman kerja calon karyawan tersebut.
Tentunya perusahaan ingin melihat bukti bahwa karyawan yang melamar kerja memang memiliki kompetensi yang mumpuni.
Selain itu, perusahaan juga ingin mengetahui rekam jejak calon pegawainya.
Isi Surat Keterangan Kerja
Dalam membuat surat keterangan kerja, kamu harus memasukkan poin-poin berikut:
- Kepala surat yang berisikan nama perusahaan, alamat, dan nomor telepon
- Perihal surat
- Isi surat yang terdiri atas berikut:
- Biodata singkat pembuat surat keterangan kerja; nama, jabatan, hingga NIK
- Lama waktu bekerja
- Penilaian dari pembuat surat atau atasan
- Penutup surat
- Keterangan pengesahan surat yang dilengkapi dengan tempat dan tanggal pembuatan surat, tanda tangan pembuat surat, dan nama jelas pembuat surat
Contoh Surat Keterangan Kerja
Dilansir dari mamikos.com, berikut ini merupakan beberapa contoh surat keterangan kerja yang bisa kamu ikuti.
1. Contoh Surat Keterangan Kerja untuk Visa
(Kop Perusahaan)
To:
Visa Section of
Embassy of Hongaria
Jakarta
Dear Sir/Madam,
With this letter, I would like to inform you, I, the undersigned:
Name: Salimah Desiana
Position: Head of Office for International Affairs
Certify that,
Name: Ridwan Maulana
Position: Accountant
DOB: January, 17th 1991
Working Since: 2011
Is planning to have vacation to Hongaria, on December, 24th 2019 until January, 5th 2020.
I acknowledge and guarantee that he is really an Employee in our company with average monthly THP is IDR 10.000.000. He will not seek any employment or permanent stay into your country, and will return to Indonesia soon after his holiday trip is completed. All kind of expenses during this trip will be fully covered by his personal account.
Kindly grant his the necessary entry visa to your country. Your kind assistance will be very highly appreciated.
Sincerely yours,
Salimah Desiana
2. Contoh Surat Keterangan Kerja untuk KPR
(Kop Surat)
PT. RUMAH JAYA ABADI
Jalan Perumnas Raya Kav 5 No.8 Malang
Telp 0271 7089876 Fax. 0271 234323
SURAT KETERANGAN KERJA
No: 01/SKK/PT.RJA/12/2019
Saya yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama: Salimin Kurniawan
Jabatan: Direktur PT Rumah Jaya Abadi
Dengan ini menerangkan bahwa:
Nama: Ridwan Maulana
Alamat: Jl. Sahid Raya 20 Malang
NIP: 7730SRTED
Jabatan: Staf Administrasi PT Rumah Jaya Abadi
Telah bekerja di PT. Rumah Jaya Abadi dan sudah bekerja sejak 20 Juli 2009 hingga saat ini.
Surat keterangan kerja ini diterbitkan sebagai persyaratan pengurusan KPR. Semua hal yang berkaitan dengan pembayaran atas tagihan KPR menjadi tanggung jawab karyawan tersebut di atas.
Demikian surat keterangan kerja ini kami buat agar dapat digunakan sebagaimana mestinya.
Hormat kami,
(jabatan atasan)
(nama perusahaan)
(nama atasan)
3. Contoh Surat Keterangan Kerja untuk Buka Rekening Bank
SURAT KETERANGAN KERJA
Kepada
Yth. Kepala Cabang Bank Amanah Rakyat Indonesia
Cabang: Kota Yogyakarta
Dengan hormat,
Yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama: Franz Ferdinand
Jabatan : Direktur Bank Amanah Rakyat Indonesia
Menerangkan bahwa:
Nama: Gintinia Georgina
Jabatan: Staff Keuangan
No. KTP: 8371765673312201
Alamat: Jl. Nyi Gayung Asri 86, Kladung, Yogyakarta
Adalah benar bekerja di Bank Amanah Rakyat Indonesia di Jalan Utama Sakti 20 Yogyakarta. Yang bersangkutan sudah bekerja sejak 10 Desember 2009 sampai saat ini.
Demikian Surat Keterangan Kerja ini dibuat dan ditandatangani sebagai syarat pembukaan rekening Bank Internasional.
Yogyakarta, 20 Desember 2019
Franz Ferdinand
Direktur Bank Amanah Indonesia
4. Contoh Surat Keterangan Kerja untuk NPWP
PT. Bank Amanah Multitalenta
Ruko Sinar Jaya Kav. 8, Jalan Sinar Mulia 56
Sleman, Yogyakarta
Surat Keterangan Kerja
Nomor : RM/01/12/2019
Yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama: Sertania Veloxa
NIP/NIK: 98765789
Jabatan :Supervisor
Perusahaan/Instansi: PT Bank Amanah Multitalenta
Alamat : Ruko Sinar Jaya Kav. 8, Jalan Sinar Mulia 56
Menerangkan bahwa :
Nama: Suryania
NIP/NIK: 0297HJT
Tempat/Tanggal Lahir: Yogyakarta, 7 Juli 1993
Alamat: Kompleks Perumahan Guling Raya 76, Yogyakarta
Telah bekerja sebagai Asisten Supervisor di Bank Amanah Multitalenta selama 8 tahun terhitung sejak Desember 2011 sampai dengan Desember 2019. Surat keterangan kerja ini kami buat untuk digunakan sebagai syarat pengajuan pembuatan NPWP oleh saudari Suryania.
Demikian surat keterangan kerja ini dibuat sebenar-benarnya untuk digunakan sebagaimana mestinya.
Yogyakarta, 20 Desember 2019
Supervisor,
Sertania Veloxa
5. Contoh Surat Keterangan Kerja untuk Paspor
Hal: Rekomendasi Pembuatan Paspor
Kepada Yth.
Kepala Kantor Imigrasi Kelas I
Jalan Raya Yogyakarta-Solo KM 10
Karangploso, Maguwoharjo, Depok, Sleman
Yogyakarta
Dengan Hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah selaku Kepala Humas PT Ramah Lingkungan
Nama: Jati Rumana
Jabatan: Kepala Humas
Menyatakan bahwa:
Nama: Srandawati
Jabatan: Staff Humas
No KTP: 356178943271
Alamat: Jl. Akrilik Raya Pusat 89, Pembaruan, Yogyakarta
Adalah benar merupakan salah satu karyawan kami yang mulai bekerja sejak Januari 2009 hingga saat ini. Yang bersangkutan memiliki bekerja dengan baik dan memiliki prestasi yang baik di PT Ramah Lingkungan.
Surat keterangan kerja ini dibuat untuk pengajuan pembuatan paspor, karena yang bersangkutan akan melakukan perjalanan dinas ke Mesir.
Demikian surat ini kami ajukan. Atas perhatian Bapak, kami ucapkan terima kasih.
Hormat saya,
Personalia PT Ramah Lingkungan
6. Contoh Surat Keterangan Kerja untuk Kuliah
PT Optimis Maju Sukses
Jl. Dr. Wara Wiri No.02, Yogyakarta-Indonesia
Telp/Fax : 0274-55713475 Email : [email protected]
SURAT KETERANGAN KERJA
Yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama: Sertania Veloxa
NIP/NIK: 98765789
Jabatan :Direktur
Perusahaan/Instansi: PT Optimis Maju Sukses
Dengan ini menerangkan bahwa :
Nama: Gladiol
Jabatan: Sekretaris
Perusahaan : PT. Optimis Maju Sukses
Bahwa yang bersangkutan adalah benar karyawati PT Optimis Maju Sukses sejak 17 Juni 2014 sampai sekarang. Kami menerangkan bahwa yang bersangkutan tidak dapat mengikuti jadwal kegiatan di kampus pada 20-21 Desember 2019 dikarenakan masih bekerja.
Demikian surat ini kami buat untuk dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.
Yogyakarta, 19 Desember 2019
TTD & Materai
Sertania Veloxa
Direktur
7. Contoh Surat Keterangan Kerja dari Perusahaan untuk Pembukaan Rekening
8. Contoh Surat Keterangan Kerja yang Benar
(Kop Perusahaan)
SURAT KETERANGAN KERJA
Nomor Surat: 012/SKK/2022
Hal: Surat Keterangan Kerja
Dengan surat ini kami dari PT. Maju Jaya menyatakan bahwa:
Nama : Tumini
Jabatan : Staff Kasir
Alamat : Jalan Mawar Melati No. 12 Jakarta
Menerangkan bahwa nama di atas benar-benar telah bekerja pada perusahaan kami dalam kurun waktu 10 Januari 2020 hingga 15 Januari 2022.
Saudara Tumini telah memberikan kontribusi yang luar biasa selama bekerja sebagai salah satu staff kasir dan tidak pernah melakukan segala kegiatan yang merugikan perusahaan.
Demikian surat keterangan ini dibuat dengan sebenar-benarnya untuk dipergunakan sebagaimana mestinya.
Jakarta, 31 Januari 2022
(TTD)
James Bond
Manajer Marketing
9. Contoh Surat Keterangan Kerja dari Perusahaan untuk NPWP
10. Contoh Surat Keterangan Kerja untuk Kredit Rumah
RUMAH INDAH BOGOR
Jalan Perumnas Raya Kav 5 No.8 Bogor
Telp 0251 7089876 Fax. 0251 234323
No: 01/SKK/PT. RIK/12/2019
Perihal: Surat Keterangan Kerja
Saya yang bertanda tangan dibawah ini
Nama : Amin Alexander
Jabatan : Direktur PT Rumah Indah Bogor
Dengan ini menerangkan bahwa:
Nama : Ridwan Malik
Alamat : Jl. Sahid Raya 20 Bogor
NIP : 77304555667
Jabatan : Staff Administrasi PT Rumah Indah Bogor
Dengan ini menyampaikan bahwa saudara yang bernama Ridwan Malik memang menjadi karyawan tetap di PT Rumah Indah Bogor. Saudara Ridwan tersebut sudah bekerja sejak 20 Juli 2019 sampai sekarang.
Surat keterangan kerja ini diterbitkan sebagai persyaratan pengurusan KPR. Semua hal yang berkaitan dengan pembayaran atas tagihan KPR menjadi tanggung jawab karyawan tersebut di atas.
Demikian surat keterangan kerja ini kami buat agar dapat digunakan sebagaimana mestinya.
Hormat Kami
Direktur
PT Rumah Indah Bogor
Amin Alexander
***
Semoga artikel ini bermanfaat, ya.
Simak terus artikel seputar bangunan unik lainnya hanya di Google News Berita 99.co Indonesia.
Sedang berburu hunian dijual seperti Landmark Residence di Cicendo, Bandung?
Wujudkan angan miliki rumah idaman bersama 99.co/id dan rumah123.com, karena kami selalu #AdaBuatKamu.