Berita Ragam

9 Contoh Skripsi yang Baik dan Benar untuk Penelitian Kualitatif atau Kuantitatif Berbagai Jurusan

4 menit

Bagi mahasiswa tingkat akhir, penting untuk melihat contoh skripsi yang baik dan benar agar mempermudah saat membuatnya. Gak perlu bingung, lihat beberapa referensinya pada artikel ini!

Skripsi adalah karya tulis ilmiah yang disusun oleh setiap mahasiswa yang mengambil jenjang studi strata satu (S-1).

Pengerjaan skripsi dilakukan untuk memenuhi syarat kelulusan di setiap perguruan tinggi negeri maupun swasta.

Selain untuk memperoleh gelar sarjana, tujuan pembuatan skripsi yaitu untuk menunjukkan bukti kemampuan akademik mahasiswa.

Mengutip buku Teknik Penyusunan Skripsi oleh Mukhtazar, cara membuat skripsi harus disusun dengan prosedur dan tata cara sistematik, seperti halnya penelitian ilmiah lainnya.

Jadi, penyusunan skripsi dilakukan setelah rampung menyusun proposal skripsi melalui penelitian yang dikaji.

Masih bingung bagaimana cara membuat skripsi yang baik dan benar?

Tenang, berikut contoh skripsi kualitatif dan kuantitatif untuk berbagai jurusan atau program studi dari bab satu sampai penutup.

9 Contoh Skripsi

1. Contoh Skripsi

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Konteks Penelitian

Universitas Gadjah Mada (selanjutnya disingkat UGM) adalah salah satu perguruan tinggi di Indonesia, merujuk data Kementrian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia (2016) menjelaskan bahwa UGM merupakan perguruan tinggi terbaik ke dua di Indonesia setelah Institute Teknologi Bandung (ITB) dan berdasarkan riset lembaga pemeringkatan perguruan tinggi dunia Quacquarelli Symonds (2016) dalam media Tempo menjelaskan bahwa UGM berhasil menduduki peringkat 105 di Asia, angka tersebut naik signifikan dari tahun 2015 yang berada di urutan 137.

Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang yang diuraikan maka perumusan masalah yang akan penulis lakukan adalah:

1. Bagaimana Pengelolaan Alumni yang dikembangkan oleh UGM dalam perspektif konsep CRM?

Tujuan Penelitian

Adapun tujuan dari penelitian ini adalah:

1. Untuk Mengetahui Pengelolaan Alumni yang dikembangkan oleh UGM dalam perspektif konsep CRM

Manfaat Penelitian

Penelitian ini diharapakan bisa bermanfaat untuk mengembangakan wawasan dibidang ilmu pengetahuan manajemen pemasaran.

1. Bagi Perguruan Tinggi

Penelitian ini bermanfaat untuk memberikan wawasan bagi perguruan tinggi di seluruh Indonesia mengenai pengelolaan hubungan yang baik bagi para Alumninya, sehingga dapat terjalin hubungan jangka panjang yang saling memberi manfaat dan keuntungan.

BAB II
KAJIAN PUSTAKA

Penelitian Terdahulu

Penelitian terdahulu dilakukan oleh Fatimah (2014) dengan tujuan untuk mengetahui implementasi Customer Relationship Management (Selanjuitnya disingkat CRM) dalam mempertahankan nasabah pada Bank Muamalat Indonesia cabang Malang, dan untuk mengetahui implikasi dari penerapan CRM tersebut.

Kajian Teoritis

Pengertian CRM

Definisi CRM menurut Buttle (2007:48) yaitu “CRM adalah strategi inti dalam bisnis yang mengintegrasikan proses-proses dan fungsi-fungsi internal dengan semua jaringan eksternal untuk menciptakan serta mewujudkan nilai bagi para konsumen sasaran secara profitabel”.

Langkah-Langkah CRM

Menurut Lukas (2006) langkah-langkah manajemen hubungan pelanggan adalah sebagai berikut: Identifikasi, Diferensiasi (Differentiation), Interaksi (Interaction), Personalisasi (Personalization Customization).

Tujuan CRM

Menurut Wijayanti dalam Dyantina dkk (2012) Pada dasarnya tujuan suatu perusahaan mengadopsi CRM adalah untuk meningkatkan ketahanan dan kepuasan pelanggan.

BAB III
METODE PENELITIAN

Jenis dan Pendekatan Penelitian

Berdasarkan dengan judul penelitian yang dikemukakan, maka jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang menggunakan pendekatan deduktif, yaitu teori digunakan sebagai awal menjawab pertanyaan penelitian

Lokasi Penelitian

Penelitian ini dilakukan di Unversitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta yang beralamatkan di Bulaksumur, Yogyakarta.

Subjek Penelitian

Subjek penelitian merupakan pelaku yang berperan sebagai sumber dalam penelitian, karena sumber data utama dalam penelitian kualitatif adalah kata-kata dan tindakan subjek penelitian, selebihnya adalah data tambahan seperti dokumen dan lain-lain (Lofland dalam Moleong (2007:112).

Sumber Data

Menurut Teguh (2005:118) data adalah fakta-fakta, bukti-bukti sesuatu yang pasti diketahui dari informasi sekitar. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini merupakan data primer dan data sekunder.

Teknik Pengumpulan Data

Teknik Pengumpulan Data Penelitian yang dilakukan di UGM ini menggunakan beberapa cara pengumpulan data selama proses penelitian berlangsung, diantaranya sebagai berikut:

BAB IV
HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN

Berdasarkan paparan data diatas dapat disimpulkan sebagai temuan hasil penelitian pada proses perencanaan pengelolaan alumni yaitu:

1. Subdit Hubungan Alumni merencanakan program dan kegiatan untuk alumni UGM yang telah mereka data sebelumnya dengan berkoordinasi dengan bagian DPP,
2. Subdit Hubungan Alumni melakukan perencanaan kegiatan yang mendukung karir Alumni secara akademis dan dunia kerja berupa Seminar Series

BAB V
PENUTUP

Kesimpulan

Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah diuraikan pada bab sebelumnya, berikut kesimpulan hasil penelitian yang meliputi:

Saran

Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat diketahui bahwa UGM menerapkan konsep CRM dalam pengelolaan alumninya dan pengelolaan tersebut berdampak positif bagi UGM, akan tetapi, karena penelitian ini hanya meneliti pada satu lembaga pendidikan saja yakni UGM, maka peneliti menyampaikan saran sebagai berikut:

Sumber: etheses.uin-malang.ac.id

2. Contoh Skripsi Kualitatif

Sumber: eprints.undip.ac.id

3. Contoh Skripsi Kuantitatif

Sumber: repository.metrouniv.ac.id

4. Contoh Skripsi Manajemen

“PENGARUH CASH POSITION, PROFITABILITY, FIRM SIZE, POTENSI PERTUMBUHAN, LIKUIDITAS TERHADAP DIVIDEND PAYOUT RATIO PADA PERUSAHAAN ROKOK YANG TERDAFTAR DI BEI”

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Kebijakan bidang keuangan yang dijalankan perusahaan harus selaras dan serasi dengan tujuan memaksimumkan keuntungan yang merupakan tujuan utama dari perusahaan.

1.2 Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang di atas maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut:

1. Apakah cash position, profitability, firm size, debt to equity ratio, Potensi Pertumbuhan dan Likuiditas berpengaruh secara simultan terhadap dividend payout ratio pada perusahaan rokok yang membagikan dividen dan terdaftar di BEI tahun 2007-2012.

1.3 Tujuan Penelitian

Sesuai dengan permasalahan dalam penelitian ini, maka tujuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut:

1. Mengetahui pengaruh cash position, profitability, firm size, debt to equity ratio, Potensi pertumbuhan, dan Likuiditas secara simultan terhadap dividend payout ratio pada perusahaan rokok yang membagikan dividen dan terdaftar di BEI tahun 2007-2012.

BAB II
TINJAUAN PUSTAKA

Kinerja Keuangan

Pengertian kinerja berdasarkan kamus besar bahasa Indonesia, kinerja diartikan sebagai”sesuatu yang dicapai, prestasi yang diperlihatkan, kemampuan kerja (tentang peralatan)”.

Penelitian Terdahulu

Beberapa penelitian terdahulu berkaitan dengan dividen yang pernah dilakukan di Indonesia, antara lain adalah:



BAB III
METODE PENELITIAN

3.1 Jenis Penelitian

Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif Penelitian Kuantitatif atau Quantitatif Research adalah suatu metode penelitian yang bersifat induktif, objektif dan ilmiah di mana data yang di peroleh berupa angka-angka (score, nilai) atau pernyataan-pernyataan yang di nilai, dan dianalisis dengan analisis statistik.

3.2 Sumber Data

Penelitian ini menggunakan data sekunder sebagai sumber data utama yaitu data keuangan dan perdagangan saham perusahaan rokok yang go public yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.

Sumber: repository.unib.ac.id

5. Contoh Skripsi Akuntansi

contoh skripsi

contoh skripsi

contoh skripsi

contoh skripsi

contoh skripsi

contoh skripsi kualitatif

contoh skripsi kualitatif

Sumber: digilibadmin.unismuh.ac.id

6. Contoh Proposal Skripsi

Sumber: eprints.unm.ac.id

7. Skripsi Kualitatif

Sumber: repository.iainbengkulu.ac.id

8. Skripsi Kuantitatif

Sumber: repository.uinjkt.ac.id

9. Skripsi Manajemen

Sumber: digilibadmin.unismuh.ac.id

***

Itu dia kumpulan contoh skripsi yang baik dan benar.

Semoga bermanfaat, Property People.

Simak artikel menarik lainnya di Berita.99.co.

Temukan berbagai topik bacaan seputar properti, tips, hingga desain melalui Google News Berita 99.co Indonesia.

Kunjungi www.99.co/id bagi kamu yang sedang mencari hunian terjangkau.

Buruan cek promonya karena kami #segampangitu memberikan penawaran terbaiknya!

*gambar cover: fisipol.ugm.ac.id



Ilham Budhiman

Content Editor
Lulusan Sastra Daerah Unpad yang pernah berkarier sebagai wartawan sejak 2017 dengan fokus liputan properti, infrastruktur, hukum, logistik, dan transportasi. Saat ini, fokus sebagai penulis artikel di 99 Group.
Follow Me:

Related Posts