Pendidikan Prospek Kerja

8 Contoh Laporan PKL (Magang) SMK yang Sesuai Format. Lengkap!

7 menit

Bingung dengan pembuatan laporan Praktek Kerja Lapangan (PKL) yang sedang kamu jalani? Agar memudahkanmu, lihat saja yuk contoh laporan PKL pada artikel ini!

Melansir dari buku PEDOMAN PELAKSANAAN PRAKTIK KERJA LAPANGAN (PKL), yang ditulis Nurul Septiana, dkk., PKL merupakan bagian integral dari kurikulum yang bertujuan untuk memberikan pengalaman praktis kepada mahasiswa di lapangan sesuai dengan bidang studi mereka.

Tujuan diselenggarakannya program ini adalah untuk melatih siswa dalam praktik di dunia industri.

Nah, dalam pelaksanaannya, para siswa diwajibkan untuk membuat laporan yang memuat kinerja selama PKL.

Laporan PKL sendiri biasanya dijadikan sebagai syarat kelulusan siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

Bagi kamu yang sudah selesai melaksanakan praktik kerja industri atau magang dan bingung dengan pembuatan laporannya, baca artikel ini sampai habis, ya.

Pasalnya, Berita 99.co Indonesia telah menghimpun contoh laporan PKL yang benar sebagai referensi.

Yuk, simak penjelasannya di bawah ini.

8 Contoh Laporan PKL untuk Siswa SMK

contoh laporan pkl

sumber: slideshare.net

1. Contoh Laporan PKL SMK

BAB I PENDAHULUAN

A. Alasan Memilih Judul

Alasan memilih judul prosedur Petty cash pada PT Astra International Isuzu Tbk karena beberapa alasan:

  1. Sesuai dengan jurusan sekolah
  2. Meningkatkan pengetahuan pada proses petty cash
  3. Sesuai dengan apa yang dikerjakan di perusahaan selama 2 bulan
  4. Proses petty cash merupakan sesuatu yang penting bagi pihak perusahaan

B. Tujuan Penulisan

Adapun tujuan pembuatan laporan antara lain sebagai berikut:

  1. Mendorong siswa untuk mampu mengembangkan atau mengemukakan ide pikiran dan pendapatnya dan mampu menuangkannya dalam bentuk tulisan yang sistematis logis dan menggunakan bahasa yang baik dan benar
  2. Membentuk tanggung jawab siswa dalam melaksanakan tugas praktek kerja ini yang berkaitan dengan program keahlian masing-masing
  3. Bukti bahwa siswa yang bersangkutan telah melakukan praktek kerja lapangan dengan baik

C. Tujuan

Adapun tujuan pelaksanaan prakerin ini adalah:

  1. Siswa yang memiliki pengetahuan, keterampilan, dan etos kerja yang sesuai dengan tuntutan lapangan pekerjaan
  2. Menambah pengalaman siswa yang melaksanakan kegiatan PKL ini
  3. Memberikan pengakuan dan penghargaan terhadap pengalaman kerja sebagai bagian dari proses pendidikan sekolah menengah kejuruan

D. Metode Pengumpulan Data

Adapun cara pengumpulan data yang dilakukan adalah sebagai berikut:

  • Metode Observasi

Observasi atau pengamatan merupakan salah satu teknik pengumpulan data atau fakta yang cukup efektif untuk mempelajari suatu sistem. Kegiatan ini dilakukan dengan cara pengamatan langsung suatu kegiatan yang sedang berjalan.

  • Metode Wawancara

Metode ini merupakan suatu teknik pengumpulan data dengan jalan penulis mengadakan komunikasi dengan sumber data yaitu orang-orang yang memang ahli di bidangnya saat melakukan pekerjaan praktek kerja lapangan. Komunikasi ini dilakukan dengan dialog secara lisan baik langsung maupun tidak langsung.

  • Metode Kepustakaan

Metode ini diambil melalui data-data dari dalam buku-buku yang diberikan oleh pegawai yang bersangkutan untuk dipelajari oleh penulis yang, maupun dari buku-buku yang penulis ambil untuk dijadikan pegangan dan sesuai dengan judul yang penulis pilih.

BAB II TINJAUAN PUSTAKA

A. Pengertian Petty Cash

Petty cash atau kas kecil adalah sejumlah dana diskresioner dalam bentuk uang tunai yang digunakan untuk belanja di mana tidak masuk akal untuk membuat setiap pencairan dana dengan cek.

B. Fungsi Petty Cash

Fungsinya adalah untuk membeli barang-barang yang tidak di-cover oleh purchase order. Uang dibelikan barang lalu dibon kemudian dimasukkan ke jurnal. Kas kecil juga berguna untuk mengatasi pengeluaran-pengeluaran kecil.

C. Pencatatan Transaksi Petty Cash

Setiap pembelian barang-barang mata uang transport di bawah Rp800.000 per hari menggunakan uang kas di kantor. Lalu bagian administrasi meminta bukti transaksi yang dilakukan ke dalam jurnal. Bukti-bukti pengeluaran dikumpulkan seperti nota bon, kuitansi, bukti pembayaran, pembelian kebutuhan dapur, dan bukti struktur pembayaran keluar masuknya kendaraan di tol.

BAB III PROSEDUR PETTY CASH DI PT ASTRA INTERNATIONAL ISUZU

A. Mengelola Bukti Transaksi

Langkah pertama yang dilakukan untuk menjalankan prosedur petty cash adalah mengelola bukti transaksi kan. Pemegang kas kecil mengumpulkan bukti-bukti pengeluaran yang telah dilakukan. …(dst.)

B. Membuat Jurnal Petty Cash

Dari bukti-bukti transaksi yang telah dikumpulkan, kemudian staf administrasi menginput ke dalam program untuk membuat jurnal agar dapat diketahui pengeluaran-pengeluaran yang terjadi setiap harinya selama 1 bulan.

C. Approved by Workshop

Semua bukti-bukti transaksi berupa kuitansi atau bon yang sudah terkumpul dan telah selesai dibuat dalam bentuk laporan transaksi pencatatan atau jurnal pengeluaran harus ditandatangani oleh manajer workshop sebelum diserahkan ke bagian accounting. …(dst.)

BAB V PELAKSANAAN PKL

A. Kegiatan Siswa Selama Prakerin

– Distribusi laporan kas dan bank
– Register kuitansi
Filling kuitansi
Filling faktur pajak
– Menulis surat permohonan faktur polis atau form STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan)
– Register i-paspor
– Fotokopi surat penawaran harga

B. Hambatan-Hambatan yang Dihadapi
Dalam dunia industri penulis pernah menghadapi beberapa hambatan kerja, berupa:
1. Proses adaptasi di lingkungan perusahaan
2. Kurang menguasai peralatan kantor
3. Kurang sesuainya antara teori dan praktek yang diterima di sekolah dengan pelaksanaan saat PKL
4. Banyak hal baru yang dihadapi saat di lapangan dan mungkin belum pernah diberikan di sekolah

C. Pemecahan masalah
Dalam menghadapi masalah tersebut penulis melakukan beberapa metode, diantaranya:
1. Selalu bertanya pada pembimbing lapangan
2. Berusaha dan belajar agar kesulitan-kesulitan tersebut sedikit demi sedikit bisa diatasi
3. Mencoba untuk lebih sering berkomunikasi dengan orang-orang yang ada di kantor

BAB VI PENUTUP

A. Kesimpulan
Meningkatnya pengetahuan dan memperluas serta memantapkan keterampilan yang membentuk kemampuan dan wawasan siswa atau siswi sebagai bekal untuk menghadapi lapangan pekerjaan yang sesungguhnya… (dst.)

B. Saran

a. Bagi Perusahaan

Sebaiknya saat ada yang melaksanakan PKL di tempat anda anda memberikan daftar tugas sehingga siswa-siswi tersebut bisa mengetahui apa yang harus dilakukan… (dst.)

b. Bagi Sekolah

Agar meningkatkan hubungan kerjasama antara sekolah dengan PT Astra Internasional Isuzu… (dst.)

Baca Juga: 13 Contoh Laporan Kegiatan Beragam Tema dan Cara Membuatnya. Yuk, Pahami!

2. Contoh Kata Pengantar Laporan PKL

KATA PENGANTAR

Segala puja dan puji syukur kehadirat Allah Swt., yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya kepada kita semua, sehingga penyusun dapat membuat laporan Praktik Kerja Industri (PRAKERIN) ini.

Walaupun demikian, penyusun berusaha dengan semaksimal mungkin demi kesempurnaan penyusunan laporan ini baik dari hasil kegiatan belajar mengajar di sekolah, maupun dalam menunaikan praktik kerja di dunia industri. Saran dan kritik yang sifatnya membangun begitu diharapkan oleh penyusun demi kesempurnaan dalam penulisan laporan berikutnya.

Dalam kesempatan ini, penulis mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam penyusunan Laporan Praktik Kerja Industri ini, di antaranya

  1. Bapak Yasin, M.Pd., selaku Kepala SMA NU Pekalongan;
  2. Ibu Ida, SE., selaku Kepala Program Administrasi Perkantoran;
  3. Bapak H. Asduli, S.A., M.M., selaku Pimpinan Umum Dinas Pendidikan Kabupaten Pekalongan;
  4. Bapak Zuhdi Arimbi, S.Sos., selaku Pembimbing dari pihak instansi;
  5. Bapak Abadi Hariesok, S.Pd., selaku Pembimbing dari pihak sekolah; dan
  6. rekan seangkatan.

Akhir kata, penyusun berharap laporan ini dapat bermanfaat bagi pembaca serta dapat membantu bagi kemajuan serta perkembangan SMK NU Pekalongan. Saya ucapkan terima kasih banyak kepada semua pihak yang telah membantu, semoga Allah Swt. membalas semua kebaikan kalian. Amin.

Pekalongan, 29 September 2021

Penyusun

 

Budi Sudarsono

3. Contoh Laporan PKL TKJ

contoh laporan pkl tkj

sumber: slideshare.net

KATA PENGANTAR

Puji syukur kehadirat Allah Swt. yang telah melimpahkan segala nikmat, rahmat serta hidayah-Nya sehingga kami dapat menyelesaikan dan melaksanakan Prakerin di Copy Paste Komputer. Karena tanpa nikmat-Nya, kami pasti belum tentu bisa menyelesaikan dan melaksanakan ini dari awal hingga akhir

Dengan ini juga, kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung dan membantu pelaksanaan Prakerin ini. Karena jika tidak ada dukungan serta bantuan dari mereka mungkin kami tidak akan bisa menyelesaikan kegiatan Prakerin ini.

Kami sadar, masih banyak kekurangan dari pelaksanaan dan penyusunan Laporan Prakerin ini. Namun, kami sudah melakukannya semaksimal yang kami bisa. Oleh karena itu, mohon untuk kritik dan saran yang membangun agar lebih baik ke depannya.

Semoga kegiatan Prakerin ini dapat meningkatkan kualitas dan kemampuan kamu dalam dunia industri atau usaha.

BAB I PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) akan membantu dan memberikan pembekalan yang matang kepada para siswa untuk menunjang kesuksesan di dunia usaha atau industri.

Dengan adanya Prakerin ini, siswa akan mendapatkan sebuah pengalaman tentang dunia industri secara langsung. Siswa juga diharapkan untuk menulis hasil Prakerin tersebut dalam bentuk laporan.



1.2 Maksud dan Tujuan

Ada maksud dan tujuan diadakan kegiatan Prakerin ini. Berikut ini yang bisa dijelaskan:

  1. Menghasilkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas. Dari segi tingkat pengetahuan, keterampilan serta etos kerjanya yang telah sesuai dengan tuntutan lapangan pekerjaan
  2. Mempererat dan memperkokoh hubungan antara pihak sekolah dengan dunia kerja
  3. Memberikan pengakuan serta penghargaan terhadap pengalaman kerja sebagai prosesnya pendidikan
  4. Meningkatkan efisiensi dan efektivitas proses pendidikan dan pelatihan kerja secara berkualitas

1.3 Tempat dan Waktu Pelaksanaan

Tempat Pelaksanaan Prakerin             : Copy Paste Computer

Waktu Pelaksanaan Prakerin              : 01 Juni 2020 s/d 31 Agustus 2020

BAB II PROFIL PERUSAHAAN

2.1 Sejarah Berdiri Perusahaan

Copy Paste Computer ini berdiri pada tahun 1990. Beralamatkan di Jl. Raya Sawangan No 15, Pancoran Mas, Depok, Copy Paste Computer ini merupakan tempat service Notebook, laptop serta PC di Depok.

2.2 Struktur Organisasi Perusahaan

Copy Paste Computer ini adalah perusahaan individu yang dilakukan perorangan. Jadi berbeda dengan perusahaan lain, yang mempunyai struktur organisasi. Oleh karena itu, Copy Paste Computer tidak memiliki struktur organisasi.

2.3 Bidang Usaha

Copy Paste Computer ini adalah perusahaan perorangan yang bergerak pada bidang service notebook, laptop, PC dan sebagainya. Toko ini juga menjual acc serta menerima jual/beli laptop atau notebook dalam keadaan masih baik atau tidak.

BAB III PEMBAHASAN

3.1 Dasar Teori

Dalam kegiatan prakerin yang telah kami lakukan selama 2 bulan dari tanggal 01 Juni 2020 s/d 31 Agustus 2020 di Copy Paste Computer, di Jl. Raya Sawangan No 15, Pancoran Mas, Depok, ada banyak hal yang telah dilakukan.

Semoga adanya kegiatan prakerin ini dapat menambahkan pengalaman, pengetahuan dan keterampilan kami dalam jurusan TKJ yang kami pilih. Banyak hal yang kamu maksudkan adalah seperti berikut ini:

  1. Cara cek kondisi hard disk
  2. Mempelajari ilmu tentang laptop, PC, dan notebook
  3. Cara setting BIOS untuk instalasi
  4. Partisi hard disk
  5. Cara install Windows 7
  6. Belajar marketing dalam jual-beli

3.2 Cara Kerja Prakerin di Instansi Terkait

1. Belajar Marketing Dalam Jual Beli

Tidak sekedar belajar mempelajari tentang software dan hardware saja. Dalam melaksanakan prakerin ini, kami mempelajari marketing. Jadi, kami juga diajarkan cara melayani customer yang datang ke Copy Paste Computer.

Dari mereka yang membeli accessories, menjual atau belikan laptop atau PC dan yang berhubungan dengan ilmu marketing.

Memang hanya ilmu dasar saja. Awalnya memang bingung saat tiba-tiba kedatangan konsumen tanpa pendamping (pembimbing). Namun, lama kelamaan mulai terbiasa dengan hal tersebut. Kami jadi mengerti dunia marketing sedikit-sedikit.

Dengan hal ini, kami jadi mengetahui dan mengenal tentang marketing. Ilmu ini sangat bermanfaat untuk kamu suatu saat nanti.

2. Mempelajari Ilmu tentang Laptop, PC, dan Notebook

Kami juga banyak diajari tentang laptop, PC, dan notebook. Diajarkan kualitasnya, kelebihan dan kekurangannya. Hal itu sangat berguna untuk kami yang masih belum terlalu paham tentang hal tersebut.

Ilmu yang diajari sangat mudah dimengerti dan dipahami, jadi kami juga terkadang selalu melihat proses service laptop, notebook, atau PC. Kegiatan ini jadi membuat kami banyak menambah ilmu dan mengetahui banyak hal.

BAB IV PENUTUP

4.1 Kesimpulan

Setelah 2 bulan kami melakukan kegiatan Prakerin ini, kami banyak sekali mendapatkan pengalaman, pengetahuan serta ilmu baru yang tidak pernah diajarkan di sekolah.

Karena biasanya di sekolah hanya mempelajari teori saja, namun saat melakukan prakerin kami melakukan hal itu secara langsung dan sekaligus mempraktekkan.

Kegiatan ini sangat berguna sekali untuk mengembangkan keterampilan dan pengetahuan. Prakerin seperti pelengkap dalam sekolah karena kami jadi bisa siap ketika terjun ke dunia kerja.

4.2 Saran

Ketika sedang melakukan prakerin, pasti akan diajarkan langsung oleh pembimbing di perusahaan tersebut. Maka dari itu, kami selalu mempersiapkan diri dan selalu mendengarkan materi-materi yang dipelajari dan pada akhirnya mempraktikkan pada Prakerin ini.

Untuk adik kelas nanti yang akan melaksanakan Prakerin, tetap jaga nama baik sekolah. Karena jika nama baik sekolah menjadi buruk, akan susah untuk bekerja sama dengan perusahaan mana pun dalam penerimaan siswa prakerin.

4. Contoh Laporan PKL

5. Contoh Laporan PKL SMK

6. Laporan PKL SMK

7. Contoh Laporan Prakerin

8. Contoh Laporan PKL SMK

Baca Juga: 4 Contoh Laporan Keuangan dan Cara Membuatnya. Lengkap!

Struktur Laporan PKL

Melansir dari situs disarpus.banjarnegarakab.go.id milik Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Banjarnegara, berikut susunan struktur laporan PKL mulai dari cover hingga penutup.

1. Cover

Halaman sampul atau cover merupakan bagian awal yang mutlak ada dalam setiap laporan.

Elemen-elemen penting yang harus tercantum di dalamnya meliputi judul laporan yang jelas dan spesifik, logo institusi atau sekolah, identitas lengkap pembuat laporan, serta tahun pembuatan laporan sebagai penanda waktu penyelesaian.

2. Daftar Isi

Daftar isi berfungsi sebagai petunjuk bagi pembaca untuk menemukan informasi spesifik dalam laporan PKL.

Dengan daftar isi, pembaca dapat dengan cepat mengidentifikasi bagian-bagian penting laporan yang sesuai dengan minat atau kebutuhan mereka.

3. Pendahuluan

Pendahuluan ditulis menggunakan keterangan BAB I ini berisi tentang:

Latar Belakang

Penjelasan latar belakang berisi gambaran perusahaan tempat di mana siswa melaksanakan PKL.

Dasar Hukum

Dasar hukum dalam laporan PKL berisi undang-undang yang menjadi dasar kegiatan operasional perusahaan tempat pelaksanaan PKL.

Maksud dan Tujuan Laporan PKL

Maksud dan tujuan laporan PKL berisi alasan mengapa melaksanakan kegiatan PKL.

Metode Pengumpulan Data

Metode pengambilan data ini berisi cara memperoleh data-data yang diperlukan ketika melaksanakan PKL.

4. Gambaran Umum

Bab II dari laporan PKL ini menyajikan profil lengkap perusahaan atau instansi tempat pelaksanaan PKL.

Profil ini mencakup informasi menyeluruh mengenai perusahaan, seperti:

  • Sejarah perusahaan, menjelaskan tentang sejarah perusahaan dari mulai berdirinya secara detail, sekaligus visi dan misi perusahaan tersebut.
  • Struktur organisasi, bagian ini menjelaskan bagan atau struktur perusahaan, mulai dari direktur utama, kepala divisi, hingga anggota yang paling bawah dengan jabatannya sekali pun.

5. Laporan Kegiatan

Laporan kegiatan dituliskan dengan keterangan BAB III. Laporan kegiatan menjelaskan pelaksanaan kegiatan dan hasil kegiatannya pula, selama siswa melaksanakan PKL. Isinya adalah sebagai berikut:

  • Pelaksanaan kegiatan, yaitu menjelaskan kegiatan atau tugas-tugas perusahaan dari awal pelaksanaan PKL hingga selesai.
  • Hasil kegiatan, yaitu memberikan rincian hasil kegiatan selama melaksanakan PKL di perusahaan tersebut.

6. Penutup

Penutup dituliskan dalam laporan PKL dengan keterangan BAB IV. Penutup berisi kesimpulan dan saran, isinya meliputi:

  • Kesimpulan, berisi ringkasan BAB I, BAB II, dan BAB III atau keseluruhan isi laporan PKL.
  • Saran, berisi masukan terhadap sekolah sebagai tempat menimba ilmu dan mendapatkan teori-teori PKL, sekaligus masukan terhadap perusahaan tempat PKL dilaksanakan.

FAQ Contoh Laporan PKL

Apa saja isi dari laporan PKL?

Bagian utama dari laporan PKL mengandung bab-bab: pendahuluan, pelaksanaan kegiatan, hasil dan pembahasan, serta penutup.

Apa saja isi dari laporan PKL SMK?

(1) Lembar Persetujuan (2) Lembar Pengesahan (3) Kata Pengantar (4) Daftar Isi. (5) BAB I: Pendahuluan (6) BAB II: Profil Perusahaan (7) BAB III: Pembahasan (8) BAB V: Penutup

Apa yang dimaksud dengan laporan PKL?

Laporan PKL adalah karya tulis ilmiah yang disusun oleh seorang mahasiswa untuk memenuhi salah satu persyaratan untuk menempuh tugas akhir.

***

Semoga bermanfaat, Property People.

Baca artikel menarik lainnya di Berita.99.co.

Ikuti pula Google News Berita 99.co Indonesia agar tetap up to date dengan informasi terkini.

Sedang mencari rumah di Bandung? Cek pilihannya di www.99.co/id karena beli rumah bisa #segampangitu bersama kami!



Gadis Saktika

Gadis Saktika adalah Content Writer di 99 Group yang sudah berkarier sebagai penulis dan wartawan sejak tahun 2019. Lulusan Bahasa dan Sastra Indonesia UPI ini senang menulis tentang etnolinguistik, politik, HAM, gaya hidup, properti, dan arsitektur.
Follow Me:

Related Posts