Ingin memperkenalkan produk atau jasa yang sedang kamu buat? Sebagai referensi, tengok contoh iklan komersial yang kami rangkum berikut ini!
Iklan komersial adalah salah satu jenis iklan untuk memasarkan sebuah produk atau jasa.
Metode promosi tersebut biasanya dikemas semenarik mungkin agar mencapai tujuan utamanya.
Dalam pembuatannya, iklan satu ini harus disesuaikan sesuai target pasar serta lengkap.
Nah, agar mampu mempromosikan produk atau jasa dengan baik, kamu wajib mengetahui definisi hingga contohnya.
Yuk, intip penjelasan selengkapnya di sini!
Apa Itu Iklan Komersial?
Menurut buku Bagaimana Biro Iklan Memproduksi Iklan, Iklan komersial adalah iklan yang bertujuan untuk mendukung kampanye pemasaran suatu produk atau jasa.
Oleh karenanya, jenis iklan ini biasanya dimuat atau disiarkan melalui media audio atau audio-visual.
Ini dilakukan untuk menarik minat masyarakat menggunakan produk atau layanan jasa yang diiklankan.
Dengan minat masyarakat yang meningkat, pengiklan berharap bisa mendapatkan penghasilan yang lebih banyak dari biaya iklan produk atau jasa yang mereka keluarkan.
Tak heran jika jenis iklan ini mudah ditemui dalam kehidupan sehari-hari, mulai dari media massa hingga elektronik.
Apa Itu Iklan Non Komersial?
Setelah mengetahui apa itu iklan komersial, tak ada salahnya untuk memahami jenis iklan lainnya, yakni iklan non komersial.
Dalam buku Dari Logika Tuyul ke Erotisme, iklan non-komersial adalah jenis ikan yang bersifat menarik perhatian atas sesuatu gagasan, jasa, atau produk dengan tujuan sasaran iklan menerima dan menggunakan gagasan tersebut.
Umumnya, jenis iklan ini berbentuk ajakan atau saran untuk melakukan sesuatu.
Contohnya adalah iklan ajak untuk mengurangi penggunaan listrik secara berlebihan.
Perbedaan dan Persamaan Iklan Komersial dan Non-Komersial
Dari definisi yang telah disebutkan, maka bisa ditarik kesimpulan terkait perbedaan dan persamaan iklan komersial dan non-komersial.
Dihimpun dari buku Copywriting: Melejitkan Jualan Online dengan Kalimat yang Membujuk, inilah perbedaan dan persamaan keduanya.
Iklan Komersial | Iklan Non-komersial |
Memengaruhi audiens untuk menggunakan produk | Memengaruhi audiens untuk bertingkah laku sesuai iklan |
Berdurasi rata-rata 30-60 detik | Berdurasi rata-rata 30-60 detik |
Biaya relatif mahal | Biaya relatif murah (50 persen lebih murah dibanding iklan komersial) |
Menggunakan musik atau efek suara | Menggunakan musik atau efek suara |
Menggunakan drama mini atau testimoni | Menggunakan drama mini atau permohonan pribadi maupun testimoni |
Diakhiri dengan tagline dan menyatakan bahwa produk dapat dibeli di tempat tertentu dan tidak harus mencantumkan nomor telepon. Sementara produk yang dijual perorangan umumnya mencantumkan nomor yang dapat dihubungi | Diakhiri dengan tagline yang menyimpulkan poin utama pesan dan memasukkan alamat dan nomor telepon yang dapat dihubungi |
Ciri Ciri Iklan Komersial
Tujuan iklan komersial adalah untuk menghasilkan pendapatan.
Oleh karenanya, ada beberapa ciri-ciri iklan komersial yang membedakannya dengan jenis iklan lainnya.
Berikut adalah ciri-ciri iklan komersial:
- Memakai pemilihan diksi yang mudah dimengerti dan menarik
- Memakai kata atau kalimat yang bersifat persuasif
- Menjelaskan dan menawarkan produk atau jasa dari sebuah perusahaan
Tujuan Iklan Komersial
Sebenarnya, iklan komersial tak hanya bertujuan untuk mendatangkan keuntungan saja.
Ada beberapa tujuan lainnya dari munculnya jenis iklan ini.
Inilah penjelasan beberapa tujuan iklan komersial.
1. Memperkenalkan Produk atau Brand
Tujuan iklan komersial adalah memperkenalkan suatu produk atau brand.
Tak hanya sekadar memperkenalkan saja, adanya iklan bisa memberikan pengetahuan kepada calon konsumen.
Info yang dimaksud terkait manfaat dan keunggulan dari produk atau jasa yang sedang ditawarkan.
Biasanya, cara yang digunakan untuk memperkenalkan produk adalah dengan membuat kalimat iklan yang menarik.
2. Membuat Calon Konsumen Tertarik
Tujuan berikutnya adalah meyakinkan konsumen jika produk atau jasa yang sedang ditawarkan adalah yang terbaik dibanding kompetitornya.
Adanya iklan komersial juga diharapkan mampu mengubah persepsi dan membentuk citra positif terkait dengan produk atau suatu brand.
3. Memastikan Produk Tidak Mengalami Penurunan Lebih Awal
Perlu diketahui jika setiap produk mempunyai life cycle serta akan adanya masa mengalami penurunan setelah mencapai kondisi maturity di pasar.
Untuk membuat sebuah produk memiliki usia yang cukup panjang di pasaran, peran iklan komersial sangatlah krusial.
Dengan adanya iklan, konsumen akan mengingat kembali sebuah produk atau layanan.
Walhasil, produk atau layanan yang diiklankan tidak mengalami penurunan sebelum waktunya tiba.
Jenis-Jenis Iklan Komersial
Dalam kehidupan sehari-hari, terdapat dua jenis iklan komersial yang sering kamu temui, yakni iklan komersial strategi dan taktis.
Untuk memahami keduanya lebih dalam, berikut penjelasan lengkapnya!
1. Iklan Komersial Strategis
Iklan komersial strategis adalah iklan yang berupaya membangun sebuah merek dengan menonjolkan keunggulan suatu produk.
Jenis iklan ini bertujuan untuk mempertahankan konsumen hingga di masa yang akan datang.
2. Iklan Komersial Taktis
Iklan komersial taktis adalah iklan yang mendesak konsumen agar segera melakukan kontak dan membeli produk yang ditawarkan.
Umumnya, jenis iklan ini menawarkan produk dengan promosi menarik dalam waktu singkat agar konsumen segera memberikan respon mereka.
Struktur Iklan Komersial
Dalam membuat iklan komersial, terdapat struktur yang harus dipenuhi.
Secara umum, inilah struktur iklan komersial yang mesti kamu ketahui.
- Orientasi: bagian ini berada di awal teks dan berisikan pengenalan barang atau jasa yang dipromosikan.
- Isi atau badan iklan: bagian ini membahas intri dari barang atau jasa yang diiklankan.
- Justifikasi: bagian ini terletak di akhir dan berisikan penjelasan untuk memudahkan calon konsumen dalam mengakses barang atau jasa yang ditawarkan. Umumnya, bagian tersebut dilengkapi dengan media sosial, website, dan surel perusahaan.
15 Contoh Iklan Komersial dalam Kehidupan Sehari-hari
Agar lebih paham, kamu wajib mengetahui contoh iklan komersial yang biasa muncul di kehidupan sehari-hari.
Inilah beberapa contoh gambar iklan komersial beserta penjelasannya.
1. Indomie
2. McDonald’s
3. Teh Botol Sosro
4. Gojek
5. Uniqlo
6. Coca Cola
7. Milo
8. Chitato
9. iPhone
10. Nescafe
11. Lifebouy
ilustrasi contoh iklan komersial, contoh gambar iklan komersial, contoh iklan taktis sumber: lifebuoy.co.id
12. So Klin
ilustrasi contoh iklan komersial panjang, gambar komersial, contoh iklan taktis sumber: marketeers.com
13. Sunsilk
ilustrasi contoh iklan komersial panjang, gambar komersial, apa yang dimaksud iklan komersial sumber: sunsilk.co.id
14. Tolak Angin
ilustrasi 15 contoh iklan komersial, contoh artikel komersial, apa yang dimaksud iklan komersial sumber: lazada.co.id
15. Tokopedia
16. OVO
17. Walls
ilustrasi contoh iklan non komersial, apa itu iklan komersial, iklan komersil sumber: YouTube/Wall’s Indonesia
18. Oronamin C
FAQ Contoh Iklan Komersial
Contoh iklan non komersial apa saja?
Contoh iklan non-komersial antara lain iklan layanan masyarakat dan lowongan pekerjaan.
Iklan komersial itu seperti apa?
Iklan komersial adalah iklan yang bertujuan untuk menyampaikan pesan tentang suatu produk atau layanan jasa kepada audiens.
Apa saja isi dari iklan komersial?
Iklan komersial biasanya berisi jawaban atas pertanyaan konsumen seperti ingin memakan apa, ingin pergi ke mana, atau apa yang harus dibeli.
Jelaskan apa iklan komersial dan iklan non komersial?
Iklan komersial adalah iklan yang bertujuan untuk menyampaikan pesan tentang suatu produk atau layanan jasa kepada audiens.
Sementara iklan non-komersial adalah iklan yang di dalamnya mempunyai isi pesan sosial agar masyarakat dapat memiliki perhatian terhadap isu-isu tertentu.
***
Semoga pembahasan di atas dapat bermanfaat bagi Property People, ya!
Simak terus artikel seputar pelajaran hanya di Berita 99.co Indonesia.
Cek juga berita terbaru yang kami sajikan lainnya di laman Google News kami.
Tidak perlu khawatir untuk cari properti di www.99.co/id karena prosesnya dijamin #SegampangItu.
Referensi:
- Hoed, Benny H. 2001. Dari Logika Tuyul ke Erotisme. Yayasan Indonesiatera
- Madjadikara, Agus S. 2005. Bagaimana Biro Iklan Memproduksi Iklan. PT Gramedia Pustaka Utama
- Musman, Asti. 2021. Copywriting: Melejitkan Jualan Online dengan Kalimat yang Membujuk. Quadrant