Agar lebih mudah dipahami, coba sisipkan grafik di dokumenmu. Apabila belum tahu caranya, simak penjelasan seputar cara membuat grafik di Word berikut ini!
Microsoft Word adalah salah satu aplikasi populer memiliki banyak fitur yang mampu mempermudah penggunanya saat mengerjakan berbagai seperti membuat surat lamaran kerja.
Meski begitu, banyak pengguna yang belum memaksimalkan penggunaan fitur-fitur tersebut.
Salah satunya adalah fitur pembuat grafik.
Pasalnya, pengguna biasanya lebih memilih membuat grafik di Microsoft Excel karena lebih praktis.
Jika kamu belum tahu cara membuat grafik di Word, tak perlu risau.
Dikutip dari ekrut.com, baca sampai tuntas ulasan di bawah ini!
Apa Itu Grafik?
Grafik adalah kumpulan data dari beberapa tabel di Word yang disajikan dalam bentuk gambar seperti persegi, tabung, kerucut, dan lingkaran.
Pada umumnya, grafik digunakan sebagai alat untuk menyampaikan data berupa garis atau kurva yang menghubungkan satu variabel dengan variabel lainnya.
Jenis-Jenis Grafik
Secara umum, grafik dapat dibedakan menjadi tiga jenis, yakni batang, garis, dan lingkaran.
Berikut penjelasan singkat terkait ketiga jenis grafik tersebut.
Grafik Batang
Grafik batang adalah jenis grafik yang menampilkan data dalam bentuk batang.
Jenis satu ini kerap digunakan untuk menunjukkan perbedaan tingkat nilai dari beberapa aspek pada sebuah data.
Dari sekian banyak varian pada grafik batang, histogram adalah jenis grafik batang yang sering digunakan untuk presentasi.
Hal ini karena varian grafik tersebut tergolong yang paling sederhana dan mudah dipahami oleh kebanyakan pengguna.
Grafik Garis
Grafik garis menggambarkan beberapa data dalam bentuk garis atau kurva.
Jenis grafik ini dipakai untuk menerangkan suatu perkembangan atau perubahan data dari waktu ke waktu.
Hal tersebut membuat grafik ini mempunyai dua sumbu utama, yakni sumbu X (waktu pengmatan) dan sumbu Y (nilai dari hasil pengamatan pada waktu tertentu).
Grafik Lingkaran
Terakhir, ada grafik lingkaran.
Grafik ini memvisualkan data dalam bentuk lingkaran.
Umumnya, grafik tersebut digunakan untuk menunjukkan persentase nilai total dari suatu data.
Cara Membuat Grafik di Word
Sebenarnya, cara membuat grafik di Word tidak jauh berbeda untuk semua sistem operasi, baik itu Windows, macOS, Android, ataupun iOS.
Untuk lebih jelasnya, simak cara membuat grafik di Word di bawah ini!
- Buka aplikasi Microsoft Word.
- Lalu, buka data yang ingin dibuat grafik. Data tersebut bisa diketik langsung atau diambil dari sumber lain seperti Excel.
- Kemudian, pilih semua datanya.
- Klik menu “Insert” dan pilih “Chart”.
- Setelah itu, klik pada jenis grafik dan kelik dua kali pada gaya grafik yang diinginkan. Klik “OK”.
- Apabila grafik telah ditampilkan, beberapa elemen seperti warna dan ukuran bisa diubah sesuai keinginan.
- Jika dirasa cukup, klik “Save” atau “Save as”.
***
Semoga pembahasan cara membuat grafik di Word dapat bermanfaat bagi Property People, ya!
Simak terus artikel seputar tips teknologi hanya di Berita 99.co Indonesia.
Yuk, baca berita terbaru lainnya dengan membuka laman Google News kami.
Sedang mencari hunian impian di kawasan Cakung, Jakarta Timur?
Asya layak jadi pertimbangan.
Akses situs properti www.99.co/id dan rumah123.com untuk cek ketersediaan rumah yang diidamkan, karena kami selalu #AdaBuatKamu.