Masih belum tahu bagaimana cara membatalkan pesanan di Tokopedia? Intip ulasan lengkapnya pada artikel di bawah ini!
Berbelanja lewat e-commerce seperti Tokopedia memberi kemudahan bagi pengguna.
Pasalnya, kita tidak perlu pergi ke toko atau tempat perbelanjaan untuk membeli sebuah barang.
Selain itu, kita juga mendapatkan gratis ongkir yang makin menghemat uang yang harus dikeluarkan.
Namun terkadang, ada saja kendala yang dialami saat membeli barang secara daring seperti salah memilih kuantitas produk, pesanan tidak diproses penjual, dan lainnya.
Jika masalah ini terjadi, kamu bisa melakukan pembatalan.
Melansir laman tokopedia.com, berikut adalah cara membatalkan pesanan di Tokopedia.com!
Cara Membatalkan Pesanan di Tokopedia
Untuk melakukan pembatalan, ada dua cara yang bisa dilakukan, yakni melalui aplikasi Tokopedia di Android dan iOS serta lewat peramban di desktop.
1. Pembatalan via Aplikasi
Mengutip laman tokopedia.com, berikut adalah cara membatalkan pesanan di Tokopedia melalui aplikasi Tokopedia:
- Buka aplikasi Tokopedia di smartphonemu.
- Pada halaman utama, tekan menu “Transaksi” yang terletak di bagian kanan bawah layar.
- Pilih menu status pemesanan “Menunggu Konfirmasi”.
- Lalu, pilihan produk yang ingin dibatalkan dan tekan “Batalkan Pesanan”.
- Isi alasan pembatalan sesuai kondisi yang kamu alami.
- Jika sudah selesai diisi, tekan tombol “Batalkan Pesanan”.
- Setelah itu, pengajuan pembatalan pesanan akan diteruskan ke pihak penjual.
2. Pembatalan via Laman Tokopedia di Desktop
Sementara, untuk melakukan pembatalan pesanan di Tokopedia via desktop, kamu bisa melakukan langkah-langkah berikut ini:
- Buka laman Tokopedia di www.tokopedia.com.
- Lalu, masuk ke menu akun pengguna yang ada di sebelah kanan atas layar.
- Kemudian, klik “Pembelian” dan pilih “Status Pemesanan”.
- Setelah itu, tekan menu “Ajukan Pembatalan” pada barang yang ingin dibatalkan.
- Sistem akan secara otomatis memunculkan pop-up “Pengajuan Pembatalan Pesanan”.
- Isi alasan mengapa kamu ingin membatalkan pembelian produk, lalu klik “Ajukan”.
- Proses pengajuan akan diteruskan ke penjual dan pihak penjual akan memberikan respons maksimal 2×24 jam sejak pesanan terverifikasi..
Apabila pengajuan, baik via aplikasi dan homepage, tidak disetujui, akan ada notifikasi pembatalan ditolak dan penjual akan melanjut proses pemesanan barang.
Sementara, jika pengajuan disetujui, kamu akan mendapatkan informasi status “Pesanan Dibatalkan” dan bisa melihat rinciannya pada menu “Lihat”.
Proses Pengembalian Dana untuk Pesanan yang Dibatalkan
Dana pembayaran akan direfund sesuai dengan metode pembayaran yang digunakan.
Namun, waktu pengembalian dana ini bisa berbeda-beda untuk tiap metode bayar.
Misalnya, pembayaran dengan transfer bank akan dikembalikan secara realtime.
Ini juga berlakukan untuk metode bayar lain seperti Gopay & Coins dan Kredivo.
Di sisi lain, untuk kartu kredit dan debit online, waktu refund dana bisa memakan waktu hingga 14 hari kerja (tidak termasuk hari libur, Sabtu, dan Minggu).
***
Semoga pembahasan cara membatalkan pesanan di Tokopedia dapat bermanfaat untuk Property People, ya!
Pantau terus informasi seputar tips teknologi lainnya di Berita 99.co Indonesia.
Sedang berburu rumah dijual seperti Padina Soho and Residence di Batu Ceper, Tangerang?
Wujudkan angan mempunyai hunian bergaya modern hanya di 99.co/id dan rumah123.com, karena kami selalu #AdaBuatKamu.