Seiring berkembangnya teknologi, undangan wawancara pekerjaan pun tak hanya diberikan perusahaan melalui telepon, tetapi terkadang juga melalui email. Lantas bagaimana cara membalas email HRD?
Saat ini, melamar pekerjaan memang lebih mudah dan praktis karena dapat dilakukan melalui email.
Setelah pelamar mengirimkan lamaran pekerjaan lewat email, tak jarang pihak perusahaan juga mengirimkan undangan wawancara pekerjaan melalui surat elektronik.
Nah, membalas email terkait pekerjaan tidak boleh sembarangan, lo!
Pasalnya, cara berkomunikasi, merespons dan berinteraksi dengan perektrut secara daring tidak kalah pentingnya dengan kemampuan serta kualifikasi yang kamu miliki saat mencari pekerjaan.
Oleh sebab itu, saat membalas email HRD kamu harus memberikan kesan yang baik dan profesional pada recruiter.
Untuk membantumu, simak cara membalas email HRD yang baik dan profesional berikut ini!
Cara Membalas Email HRD
1. Usahakan Membalas Email dengan Cepat
Langkah pertama yang perlu diingat adalah membalas email dengan cepat.
Pasalnya, perektrut membutuhkan waktu untuk mengatur persiapan wawancara dengan baik, terutama jika ternyata jadwal yang ditawarkan perlu penyesuaian dengan ketersediaan para kandidat wawancara.
Oleh sebab itu, usahakan segera membalas email dengan cepat setidaknya dalam waktu 24 hingga 48 jam setelah menerima email.
2. Tunjukkan Sikap Sopan dan Etika yang Baik
Cara membalas email HRD selanjutnya adalah dengan menunjukkan kesopanan dan etika yang baik.
Kamu bisa menunjukkan apresiasi, antusiasme, dan rasa terima kasih kepada perekrut yang telah memberikan kesempatan untuk menghadiri wawancara kerja di antara pelamar lainnya.
3. Membalas dengan Profesional
Perlu diingat untuk membalas apapun jenis email pekerjaan dengan profesional.
Caranya dengan mengkonfirmasi kembali waktu, nomor telepon atau alamat lokasi wawancara sehingga jelas dan tidak membingungkan perekrut.
Pastikan juga email yang kamu kirimkan tidak terdapat kesalahan penulisan, caranya dengan memeriksa seluruh email sebelum dikirim.
4. Tidak Bertele-tele
Sama seperti membuat surat lamaran kerja, membalas email HRD juga sebaiknya to the point.
Usahakan balasan yang kamu kirimkan ringkas dan tidak bertele-tele.
Balaslah dengan kalimat yang padat, singkat, dan jelas.
Jangan lupa untuk memilih kata-kata yang sopan serta tunjukkan apresiasi berupa ucapan terima kasih.
5. Membalas Email meski Kamu Menolaknya
Meskipun kamu tidak dapat menghadiri atau bahkan menolak wawancara karena berbagai alasan, kamu tetap harus membalas email tersebut.
Jika kamu menolak panggilan wawancara, jelaskan alasannya secara sopan dan ucapkan terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan.
Hal ini akan menunjukkan sisi profesionalitas kamu kepada perekrut.
6. Mengusulkan Jadwal Wawancara
Kamu juga dapat mengusulkan jadwal wawancara jika waktu yang ditawarkan perekrut tidak sesuai dengan ketersediaanmu.
Katakan bahwa kamu menghargai kesempatan panggilan interview yang diberikan, tetapi waktu tersebut tidak sesuai dengan jadwal kamu.
Berikan pilihan waktu yang sesuai dengan jadwalmu kemudian tanyakan apakah waktu tersebut memungkinkan atau tidak.
Contoh Cara Membalas Email HRD
1. Cara Mengonfirmasi Kehadiran
Jika kamu siap menghadiri jadwal wawancara yang telah ditentukan, jangan lupa membalas email tersebut untuk mengkonfirmasi kehadiran.
Adapun contohnya adalah sebagai berikut:
2. Cara Membalas Email HRD dalam Bahasa Inggris
Jika kamu mengirimkan surat lamaran pekerjaan dalam bahasa Inggris, perekrut juga akan mengirimkan balasan dalam bahasa Inggris.
Berikut contoh cara membalas email HRD dalam bahasa Inggris:
Dear [nama recruiter],
Thank you for your consideration and the invitation to interview for the (position) role at (company name). I am available this (time), and I look forward to meeting with you to discuss this position in more detail.
Please let me know if I can provide any additional information prior to our meeting on Wednesday afternoon at your offices. I look forward to seeing you then.
Sincerely,
(name)
(phone number)
3. Cara Membalas Email yang Telat Dibaca
Ada kalanya kita terlampau sibuk dan tidak sempat mengecek email wawancara yang masuk.
Namun jangan khawatir, kamu tetap bisa membalasnya dengan permohonan maaf yang sopan.
Adapun contohnya adalah sebagai berikut:
4. Cara Menolak Wawancara Pekerjaan
Lantas bagaimana cara menolak panggilan wawancara pekerjaan?
Berikut adalah contoh menolak wawancara yang bisa kamu coba:
Yth (nama recruiter),
Terima kasih banyak telah menghubungi dan memberi kesempatan interview kerja kepada saya.
Namun, saya mohon maaf karena tidak dapat melanjutkan interview untuk posisi (sebut) di (nama perusahaan) tersebut karena (sebutkan alasan penolakan, misalnya kamu baru menerima pekerjaan lain, atau tidak lagi mencari posisi tersebut, dan lain-lain).
Sekali lagi terima kasih atas kesempatan dan waktu yang telah Anda berikan.
Hormat saya,
Nama
5. Cara Mengubah Jadwal Wawancara
Bagaimana cara membalas email HRD untuk mengubah jadwal wawancara?
Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, caranya adalah dengan memberikan pilihan waktu yang sesuai dengan ketersediaan kamu.
Berikut adalah contoh cara membalas email HRD yang bisa kamu coba:
***
Itulah cara membalas email HRD dan contohnya, Property People.
Kunjungi laman Berita.99.co untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.
Cek juga Google News Berita 99.co Indonesia yang selalu menyajikan informasi ter-update seputar properti.
Kamu sedang mencari rumah impian di kawasan Jabodetabek?
Membeli rumah kini bisa #segampangitu bersama www.99.co/id, lo.
Yuk, kunjungi lamannya sekarang juga!