Berita Berita Properti

AJB Apartemen: Pengertian, Fungsi, dan Proses Pembuatannya

2 menit

Menjadi dokumen kepemilikan yang sah secara hukum, inilah seluk-beluk mengenai AJB apartemen yang wajib kamu ketahui!

Selain rumah tapak, banyak masyarakat saat ini yang juga tertarik untuk tinggal di apartemen. 

Alasan utamanya karena hunian vertikal dinilai memiliki banyak sekali keunggulan. 

Keunggulan tersebut mulai dari fasilitas yang lebih lengkap, sistem keamanan tingkat tinggi, hingga lokasinya yang sangat strategis. 

Meskipun demikian, ketika Property People membeli apartemen penting untuk memperhatikan dokumen-dokumennya. 

Salah satu yang tak boleh luput dari perhatian adalah Akta Jual Beli alias AJB. 

Lebih dari sekadar selembar kertas, AJB mengandung informasi penting mengenai identitas properti, seperti luas unit, lokasi, nomor unit, dan hak milik. 

Dokumen ini juga memuat data pribadi pembeli dan penjual, rincian transaksi, klausul-klausul penting yang mengatur hak serta kewajiban kedua belah pihak.

Untuk mengetahui informasi lebih dalam mengenai AJB apartemen, simak ulasannya di bawah ini, yuk!

Apa Itu AJB Apartemen?

pengertian ajb apartemen

Sumber: Freepik.com/Freestockcenter

Dilansir dari buku Hukum Apartemen dan Kondominium karya Dr. Yenny Febrianty, SH. MHum. Mkn, AJB apartemen adalah salah satu bukti atau dokumen sah.

Dokumen ini digunakan untuk menunjukkan proses peralihan hak dari penjual dan pembeli dalam bentuk kepemilikan apartemen.

AJB biasanya dibuat oleh Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT) yang berwenang.

Dengan demikian, untuk mendapatkan pengesahan dokumen ini, penandatanganan harus dilakukan dihadapan PPAT. 

Manfaat dan Fungsi AJB Apartemen

Sama halnya seperti dokumen lainnya, AJB juga memiliki manfaat atau fungsi yang wajib kamu ketahui. 

Berikut beberapa fungsi AJB apartemen. 

1. Bukti Kepemilikan yang Sah

AJB apartemen merupakan bukti otentik dan dokumen yang sah serta telah diakui oleh negara. 

Secara tidak langsung, hal tersebut dapat memberikan kepastian hukum antara pihak penjual dan pembeli. 

Selain itu, dengan diterbitkannya AJB ini juga dapat mencegah maupun menghindari sengketa di kemudian hari. 

2. Jadi Landasan Hukum Kepemilikan

AJB merupakan dasar hukum bagi pembeli untuk mendaftarkan kepemilikan apartemen hingga mendapatkan sertifikat yang sah. 

Dokumen otentik ini diterbitkan dengan memastikan aspek legal dan perpajakan telah dipenuhi dengan baik serta sesuai peraturan yang berlaku. 

3. Meningkatkan Nilai Investasi

Fungsi AJB apartemen selanjutnya adalah dokumen ini dapat meningkatkan nilai investasi. 



Pasalnya, apartemen yang memiliki AJB lengkap dan sah biasanya memiliki nilai investasi yang lebih tinggi dibandingkan dengan yang tidak. 

4. Melindungi Hak Penjual dan Pembeli

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa di dalam AJB biasanya terdapat informasi yang mengatur hak dan kewajiban kedua belah pihak.

Klausul tersebut dapat membantu melindungi hak dan kepentingan penjual maupun pembeli. 

Proses AJB Apartemen

proses ajb apartemen

Sumber: Kompas.com

Setelah mengetahui pengertian dan fungsi dari AJB apartemen, kamu wajib memahami proses pembuatan dokumen ini. 

Nah, di bawah ini sejumlah proses yang harus dilalui dalam pembuatan AJB. 

1. Siapkan Dokumen

Cara membuat AJB apartemen yang pertama adalah dengan menyiapkan dokumen. 

Dokumen yang diperlukan antara lain bukti Pajak Bumi Bangunan (PBB), Persetujuan Bangunan Gedung/surat Izin Mendirikan Bangunan (IMB), serta data-data dari penjual maupun pembeli. 

Untuk data-datanya sendiri sangat umum, berupa kartu identitas, kartu keluarga, hingga bukti jual beli. 

2. Melakukan Kunjungan ke PPAT

Setelah dokumen di atas sudah disiapkan dengan baik, langkah selanjutnya kamu harus mengunjungi kantor PPAT yang dipilih. 

Nantinya, PPAT akan melakukan verifikasi data dan kelengkapan dokumen. 

3. Penandatanganan AJB

Jika PPAT menyatakan bahwa seluruh dokumen asli dan lengkap, proses penandatanganan pun akan dilakukan. 

Penjual dan pembeli menandatangani AJB di hadapan dua orang saksi.

Kemudian, PPAT akan menandatangani AJB dan menambahkan stempelnya.

4. Pendaftaran ke Badan Pertahanan

Proses AJB apartemen yang terakhir adalah pengajuan ke badan pertahanan. 

Badan pertahanan akan melakukan verifikasi atau pengecekan terkait dengan melihat keabsahan dokumen.

Jika sudah, badan pertahanan akan menerbitkan AJB yang telah terdaftar. 

***

Itulah beberapa informasi lengkap seputar AJB apartemen. 

Temukan ulasan lain seputar properti hanya di Berita.99.co. 

Untuk mendapatkan berita ter-update, ikuti terus Google News kami, ya.

Yuk, segera wujudkan keinginan untuk memiliki hunian mewah di kawasan Bandung dengan mengecek laman www.99.co/id

Jangan lewatkan berbagai kemudahan untuk mendapatkan rumah terbaik karena ternyata semuanya #segampangitu!



Nik Nik Fadlah

Lulusan Ilmu Komunikasi Universitas Pasundan yang kini menjadi penulis di Rumah123 dan Berita 99. Memiliki pengalaman menulis di bidang kesehatan, gaya hidup, fashion, teknologi, pendidikan, hingga properti. Hobi membuat digital collage art.
Follow Me:

Related Posts