Berita Ragam

Inilah Cara Menghitung Rata Rata di Excel dengan Mudah dan Cepat. Dijamin Anti Gagal!

2 menit

Dalam penggunaannya, Microsoft Excel mampu memudahkan pengguna untuk menghitung data dalam angka, salah satunya adalah penghitungan rata-rata. Intip cara menghitung rata rata di Excel dengan mudah dan cepat di sini!

Excel adalah salah satu program pengolah berbasis angka yang dikeluarkan oleh Microsoft.

Program aplikasi ini umumnya digunakan dalam kegiatan perkantoran maupun instalasi lainnya yang membutuhkan perhitungan dan pembuatan laporan secara komputerisasi.

Sebagai program pengolah angka, Microsoft Excel mempunyai berbagai fungsi seperti membuat nomor urut, mengurutkan data, hingga menghitung rata-rata data angka.

Nah, melakukan penghitung rata-rata di Excel tersebut sebenarnya mudah dilakukan.

Hanya saja, tak sedikit orang yang masih belum mengetahui penghitungan rata-rata.

Jika kamu termasuk salah satunya, tak usah risau.

99.co Indonesia sudah merangkum sejumlah caranya.

Melansir laman kompas.com, berikut adalah cara menghitung rata rata di Excel.

Cara Menghitung Rata Rata di Excel

cara menghitung rata rata di Excel dengan rumus

Untuk menghitung rata-rata di Microsoft Excel, ada beberapa cara yang bisa dilakukan, yakni perhitungan manual dan menggunakan rumus.

Jika melakukan perhitungan manual, kamu harus menambahkan semua jumlah angka.

Kemudian, bagi dengan total data yang ingin dirata-ratakan.

Lalu, lakukan beberapa langkah berikut saat membeli rumah.

  1. Ketik angka di sel Excel misalkan berada di sel B1 hingga B5
  2. Lalu, blok sel angka yang ingin dihitung
  3. Selanjutnya, klik ‘Home’
  4. Kemudian, pada menu ‘Editing’, klik tombol panah bawah di sebalah opsi simbol ‘SUM’
  5. Setelah itu, klik ‘Average’

Dengan cara ini, hasil perhitungan rata-rata akan muncul tepat di bawah angka yang dirata-ratakan.

Cara menghitung rata rata di Excel selanjutnya adalah menggunakan rumus.

Untuk melakukan perhitungan tersebut, ikuti langkah-langkah berikut ini.



  1. Klik sel di mana perhitungan rata-rata akan dilakukan
  2. Lalu, ketik rumus secara manual =AVERAGE(lokasi sel yang ingin dihitung)

Sebagai contoh, kamu ingin memunculkan hasil rata-rata di B6, maka klik sel B6.

Selanjutnya, karena angka yang ingin dihitung di sel B1 hingga B5, rumus yang diketikkan di sel B6 adalah =Average(B1:B5).

Menghitung Rata-Rata yang Tidak Termasuk Nilai Nol

cara menghitung rata rata di Excel dengan AVERAGEIF

Saat menghitung rata rata data di Excel, kamu mungkin perlu mengabaikan nilai sel yang kosong agar tidak masuk ke dalam pembagi rata-rata.

Untuk melakukannya, kamu bisa menggunakan rumus Excel ‘AVERAGEIF’.

Sebagai contoh, kamu mempunyai data pada sel B1 hingga B5, yakni 10, 10, 5, 0, 10.

Agar tidak menghitung sel bernilai nol, tuliskan rumus pada B6, yakni =AVERAGEIF(B1:B5;”>0″)

Setelah itu, tekan Enter.

Dari perhitungan ini, hasil yang didapat adalah 8,75 karena sel B4 yang bernilai nol diabaikan.

***

Semoga pembahasan cara menghitung rata-rata di Excel dapat bermanfaat bagi Property People!

Pantau secara berkala artikel tips teknologi lainnya hanya di Google News Berita 99.co Indonesia.

Sedang berburu hunian dijual seperti Chelsea Modern Home di Pasar Rebo, Jakarta Timur?

Wujudkan keinginan beli rumah idaman bersama 99.co/id dan rumah123.com, karena kami selalu #AdaBuatKamu.



Emier Abdul Fiqih P

Menjadi penulis di 99 Group sejak 2022 yang berfokus pada artikel properti, gaya hidup, dan teknologi. Lulusan S2 Linguistik UPI ini sempat berprofesi sebagai copy editor dan penyunting buku. Senang menonton film dan membaca novel di waktu senggang.
Follow Me:

Related Posts