Berita Ragam

18 Pertanyaan tentang Kepemimpinan dan Jawabannya. Leader Harus Tahu!

3 menit

Saat melakukan interview kerja, sering kali kita diberikan pertanyaan tentang kepemimpinan untuk menguji intelektualitas soal leadership. Untuk membantu para pencari kerja dalam menjawabnya, berikut Berita 99.co Indonesia hadirkan contoh pertanyaan tentang kepemimpinan yang bisa kamu simak dalam artikel ini!

Interview kerja adalah tahapan yang harus dilalui oleh seseorang yang sedang mencari pekerjaan baru (jobseeker).

Tahapan ini terkadang membuat seseorang merasa stres, apalagi untuk orang yang tidak terbiasa melakukan wawancara.

Dalam proses wawancara, terlebih untuk posisi senior hingga tingkat manajerial, pertanyaan tentang kepemimpinan kerap diajukan.

Kali ini, Berita 99.co Indonesia telah menghimpun kumpulan pertanyaan tentang kepemimpinan secara lengkap.

Melansir dari berbagai sumber, yuk simak informasinya dalam uraian di bawah ini.

Pertanyaan tentang Kepemimpinan

pertanyaan tentang kepemimpinan

sumber: shutterstock.com

1. Seperti apa definisi kepemimpinan yang baik menurut Anda?

Jawaban:

Kepemimpinan yang baik adalah kemampuan seseorang untuk memengaruhi orang lain terutama anggotanya, agar bertindak dan berpikir sesuai arahan untuk mencapai tujuan. 

2. Saat menjadi pemimpin, seperti apa gaya kepemimpinan Anda?

Jawaban:

Saya akan menerapkan gaya kepemimpinan demokratis.

Dengan metode tersebut, saya bisa menerima masukan dari orang lain, termasuk dari anggota atau rekan kerja.

Secara tidak langsung, masukan dari orang lain juga dapat menjadi acuan saya untuk berkembang menjadi pemimpin yang jauh lebih baik lagi.

Untuk mengambil keputusan, nantinya saya juga akan mempertimbangkan dengan pendapat anggota.

2. Bagaimana cara Anda menghadapi konflik sebagai seorang pemimpin?

Jawaban:

Kuncinya adalah komunikasi.

Jika konflik yang ada melibatkan saya, tentu akan melakukan mediasi dengan pihak yang bersangkutan.

Kemudian, saya akan mendengarkan opini dari pihak yang bersangkutan dan mencari jalan tengah untuk memecahkan permasalahan yang ada.

Namun, kalau konflik yang ada merupakan konflik antara anggota tim, saya akan mempertemukan kedua belah pihak dan meminta untuk mencari jalan keluar yang tidak merugikan salah satu pihak.

3. Apa saja contoh kepemimpinan yang Baik?

Jawaban:

  • Mempunyai kepekaan terhadap sekitar 
  • Mendengarkan pendapat orang lain 
  • Tidak bersifat dominan dan memberi kesempatan pada yang lainnya 
  • Melayani para anggotanya 
  • Memperbaiki kesalahan yang diperbuat 

4. Bagaimana cara Anda dalam mengembangkan kompetensi setiap anggota tim?

Jawaban:

Saya akan menyarankan anggota untuk mengambil kelas kursus atau workshop sesuai dengan posisi masing-masing.

5. Apa keahlian pemimpin yang menurut Anda sangat penting?

Jawaban:

Komunikasi adalah kunci dari segala situasi.

Dengan demikian, saya memilih keahlian berkomunikasi dalam menjabat menjadi seorang pemimpin.

Ada atau tidaknya komunikasi yang baik sangat berdampak bagi berlangsungnya suatu organisasi.

Komunikasi yang baik dapat memudahkan tim untuk mencapai tujuan bersama.

Bertutur kata yang baik dan sopan juga menjadi salah satu faktor penting untuk bekerja dalam tim.

6. Apa yang Anda lakukan jika terdapat selisih antara anggota tim?

Jawaban:

Pertama, saya akan melakukan observasi dari dua pihak terlebih dahulu sehingga pendapat saya nantinya tidak akan bias.

Bila saya mengetahui apa penyebab dari konflik tersebut, duduk bersama dan saling terbuka akan menjadi tahap menyelesaikan konflik berikutnya.

Dari tahap tersebut, penyebab konflik bisa terurai dan bisa terselesaikan dengan baik.



7. Apa strategi yang Anda lakukan untuk meningkatkan kompetensi anggota tim?

Jawaban:

Sebagai pemimpin tentu harus memiliki kepekaan yang baik untuk digunakan sebagai penilaian terhadap anggota.

Membebaskan anggota tim untuk mengikuti webinar, kursus, membeli buku yang bisa meningkatkan kemampuan adalah strategi terbaik yang akan saya lakukan.

Saya akan men-support kebutuhan tersebut untuk mereka.

Diskusi secara reguler dengan anggota tim juga bisa mendukung peningkatan kompetensi mereka guna tahu apa kebutuhan mereka yang belum terpenuhi di perusahaan.

8. Anda memberikan tugas kepada anggota, tapi ternyata dia tidak bisa menyelesaikannya dengan baik. Apa yang akan Anda lakukan?

Jawaban:

Saat karyawan tidak dapat menyelesaikan tugas yang diberikan, ada dua kemungkinan yang terjadi; tugas tersebut menjadi hal baru baginya atau dia sedang memiliki masalah sehingga performanya tidak sebaik sebelumnya.

Kalau karyawan merasakan alasan yang pertama, saya terlebih dahulu akan memberi penjelasan lebih detail.

Namun jika alasan kedua yang terjadi, berkomunikasi secara mendalam dengan karyawan tersebut adalah yang paling baik untuk dilakukan.

9. Apa yang Anda Lakukan untuk Menciptakan Lingkungan Kerja yang Kondusif

Jawaban:

Saya akan membuat lingkungan kerja yang mirip seperti lingkungan pertemanan.

Artinya, suasana akan lebih terasa nyaman dan karyawan akan saling support, saling mengingatkan, saling membantu, dan tidak ada rasa egois untuk mencapai suatu hal secara individu.

10. Suka Bekerja secara Individu atau Tim?

Menurut saya, cara bekerja secara individu maupun tim adalah dua hal yang saling berkaitan, tidak bisa dipisahkan.

Walau saya sedang bekerja secara kolaborasi, tetapi saya juga harus memiliki kemampuan bekerja mandiri sehingga tidak merepotkan anggota tim lainnya.

Tentu saya tidak bisa bekerja secara individu selamanya di perusahaan.

Ada kalanya dalam tim, meskipun berbeda posisi akan saling bergantung sehingga saya juga bisa berkolaborasi dengan anggota lainnya.

Pertanyaan tentang Kepemimpinan yang Susah

interview kerja

sumber: ft.com

  1. Apa yang Anda sukai saat memimpin orang lain?
  2. Ceritakan satu pengalaman pribadi yang bisa membantu Anda menjadi pemimpin yang baik.
  3. Ceritakan satu kejadian tersulit yang pernah dihadapi oleh tim yang Anda pimpin. Mengapa kejadian itu Anda sebut sulit dan bagaimana cara Anda mengatasinya?
  4. Bagaimana sikap Anda ketika tidak setuju akan suatu hal, namun tetap harus melakukannya?
  5. Ceritakan apa yang akan Anda lakukan ketika mengetahui ada masalah di perusahaan? Bagaimana cara Anda mengambil kendali?
  6. Selain bekerja berdasarkan jobdesk, prestasi apa yang pernah Anda capai?
  7. Kapan terakhir kali Anda berselisih dengan orang lain yang bekerja sama dengan Anda? Apa yang terjadi?
  8. Ceritakan bagaimana cara menyelesaikan tugas yang belum pernah Anda lakukan dan bagaimana cara melakukannya? Apakah berhasil?

FAQ Pertanyaan tentang Kepemimpinan

Apa saja pertanyaan tentang kepemimpinan?

(1) Bagaimana cara menghadapi konflik sebagai seorang pemimpin? (2) Menurut Anda, apa keahlian kepemimpinan yang penting untuk dimiliki? (3) Bagaimana cara Anda dapat menciptakan lingkungan kerja yang kondusif?

Apa yang membedakan antara pemimpin dan kepemimpinan?

Pemimpin adalah sosok yang bertugas untuk memimpin. Sementara itu, kepemimpinan adalah metode yang dilakukan oleh seorang pemimpin dalam memimpin bawahannya.

Gaya kepemimpinan seperti apa yang cocok untuk era modern seperti sekarang?

Gaya kepemimpinan yang sangat cocok dengan kaum milenial dan Z seperti, gaya kepemimpinan adaptif, gaya kepemimpinan suportif, dan gaya kepemimpinan apresiatif.

***

Semoga bermanfaat, Property People.

Baca artikel terkini lainnya di Berita.99.co.

Follow juga Google News Berita 99.co Indonesia agar tidak ketinggalan informasi terbaru seputar properti.

Apakah kamu sedang mencari hunian minimalis yang aman dan nyaman di bilangan Jakarta?

Wujudkan impian tersebut lewat www.99.co/id karena beli rumah sekarang bisa #segampangitu.



Gadis Saktika

Gadis Saktika adalah Content Writer di 99 Group yang sudah berkarier sebagai penulis dan wartawan sejak tahun 2019. Lulusan Bahasa dan Sastra Indonesia UPI ini senang menulis tentang etnolinguistik, politik, HAM, gaya hidup, properti, dan arsitektur.
Follow Me:

Related Posts