Bagi para pelanggan Indihome, tak perlu panik ketika menemukan kode eror 1302. Simak saja cara mengatasi Indihome Error 1302 dengan mudah di sini, yuk!
Salah satu layanan yang ditawarkan oleh Indihome adalah layanan internet dan televisi.
Namun, layanan yang satu ini sangat rawan terkena masalah error 1302 yang tentunya mengganggu aktivitasmu.
Ketika mengalami hal ini, kamu tak perlu panik dan menelpon teknisi, karena masalah ini bisa kamu atasi dengan cepat secara sendiri, lo!
Simak saja bagaimana cara mengatasi Indihome error 1302 di bawah ini!
Penyebab Indihome Error 1302
Sebelum mengetahui cara mengatasi Indihome error 1302, kamu harus tahu terlebih dahulu penyebab masalah ini terjadi.
Error kode 1302 adalah gangguan yang membuat kamu tidak bisa melakukan log in pada TV Indihome.
Hal ini membuat kamu tidak bisa membuka channel TV, aplikasi Netflix, Vidio, dan YouTube.
Masalah ini terjadi karena kabel LAN tidak terpasang dengan benar pada port LAN 4.
Namun, masalah ini juga bisa muncul jika terjadi gangguan server dari Indihome.
Cara Mengatasi Indihome Error 1302
Ketika masalah ini terjadi, kamu bisa segera mengatasinya dengan mengikuti cara mengatasi Indihome error 1302 di bawah ini:
1. Log In Alamat IP
Cara mengatasi Indihome error 1302 pertama adalah dengan melakukan log in pada alamat IP internetmu.
Buka browser di PC, laptop, atau ponsel milikmu, kemudian masukkan alamat IP sesuai dengan merek modem di rumahmu.
Sebagai contohnya, untuk modem Huawei HG8245H5 Indihome, kamu bisa membuka alamat 192.168.100.1
Kemudian, isi kotak Login dengan menggunakan username: telecomadmin dan password admintelecom.
Jika tidak berhasil, kamu bisa masuk menggunakan ID alternatif, yakni username: support dan password: theworldinyourhand.
2. Buka Menu Advance
Setelah memasukkan username dan password, ketuk tombol log in sampai kamu bisa masuk ke halaman IP.
Selanjutnya, masuk ke menu Advance dan pilih kolom WAN.
Error 1302 disebabkan oleh Connection 3_IPTV_B_VID_111 yang tidak tersedia pada menu WAN Configuration.
Masalah ini juga bisa terjadi karena Binding Options port LAN ke STB tidak dicentang.
3. Klik New
Cara mengatasi Indihome error 1302 selanjutnya adalah dengan mengeklik tombol New.
Jika 3_IPTV_B_VID_111 tidak tersedia, tambahkan baru dengan mengklik tombol New.
4. Menerapkan Pengaturan
Setelah melakukan hal tersebut, kamu bisa memastikan pengaturan pada WAN sudah benar.
Masukkan parameter sesuai dengan gambar yang tertera di atas.
Jika STB terhubung dengan port LAN 4, maka centang port LAN 4.
Pastikan semua parameter sudah sama sebelum kamu klik tombol Apply untuk menyimpan perubahan.
5. Mengecek Status Layanan
Cara mengatasi Indihome error 1302 berikutnya adalah dengan mengecek status layanan.
Sehabis klik tombol Apply, koneksi 3_IPTV_B_VID_111 akan tersimpan pada status layanan.
Jika hal ini berhasil kamu lakukan, maka masalah kode eror sudah kamu atasi.
6. Memastikan Masalah Teratasi
Ada kemungkinan setelah kamu melakukan semua hal di atas, televisi menyala, tetapi hanya akan mengeluarkan layar hitam.
Untuk atasi hal ini, masuk ke menu Advance > Application > IGMP.
Pilih Yes pada Enable IGMP dan Snooping pada IGMP Mode, kemudian simpan dengan klik apply.
Setelah melakukan semua hal di atas, kembali restart STB dan WiFi Indihome milikmu.
Klik channel TV atau aplikasi yang ingin kamu gunakan.
Apabila TV kembali mengeluarkan suara serta gambar, maka error 1302 milikmu sudah teratasi!
***
Semoga artikel ini bermanfaat untuk Sahabat 99, ya!
Jangan lewatkan informasi menarik lainnya di portal Berita 99.co Indonesia.
Jika sedang mencari rumah di Bandung, bisa jadi Kenari Kebonkopi Alamasri adalah jawabannya.
Cek saja di 99.co.id dan rumah123.com untuk menemukan rumah idamanmu!
Wujudkan hunian idamanmu sekarang juga, karena kami selalu #AdaBuatKamu!