Surat pengalaman kerja adalah sebuah dokumen penting yang perlu kamu miliki ketika hendak melamar kerja di tempat baru. Simak penjelasan dan contoh surat pengalaman kerja yang baik dan benar di sini, yuk!
Bagi kamu karyawan yang berencana untuk mengundurkan diri dan melamar kerja di perusahaan yang baru, sebaiknya kamu mengantongi surat pengalaman kerja.
Surat tersebut menjadi poin pertimbangan bagi perekrut, apakah ingin menerimamu sebagai karyawan atau tidak.
Namun, sering kali banyak karyawan yang tidak tahu cara mengajukan surat ini ke pihak perusahaan, padahal perannya sangat penting.
Simak penjelasan lengkap terkait cara membuat dan contoh surat pengalaman kerja berikut ini, yuk!
- Apa Itu Surat Pengalaman Kerja?
- Contoh Surat Pengalaman Kerja
- 1. Contoh Surat Pengalaman Kerja
- 2. Surat Pengalaman Kerja Simple
- 3. Contoh Surat Pengalaman Kerja dari Perusahaan
- 4. Contoh Surat Pengalaman Kerja yang Baik dan Benar
- 5. Surat Pengalaman Kerja Manajer
- 6. Surat Keterangan sebagai Koordinator
- 7. Surat Keterangan Pernah Kerja di Bank
- 8. Surat Pengalaman Kerja Tenaga Kesehatan
- 9. Surat Pengalaman Kerja Administrasi Niaga
- 10. Pengalaman Kerja Guru
- 11. Contoh Surat Pengalaman Kerja Bahasa Inggris
- 12. Contoh Surat Pengalaman Kerja Word
- 13. Contoh Paklaring Alfamart
- Fungsi Surat Pengalaman Kerja
- Syarat Penerbitan Surat Pengalaman Kerja
- Cara Membuat Surat Pengalaman Kerja
- Format Surat Pengalaman Kerja
- FAQ Surat Pengalaman Kerja
Apa Itu Surat Pengalaman Kerja?
Dalam buku Model Surat Profesional untuk Perusahaan oleh Susanti Dominguez, surat pengalaman kerja adalah surat dokumentasi administratif yang dibuat oleh perusahaan untuk karyawan pada masa akhir kerjanya.
Perlu diketahui, surat pengalaman kerja dikenal juga dengan istilah paklaring.
Keterangan yang dicantumkan dalam surat pengalaman kerja meliputi beberapa hal di bawah ini:
- Sifat pekerjaan yang dilakukan, misalnya deskripsi pekerjaan atau hal lainnya terkait posisi karyawan yang bersangkutan
- Lamanya hubungan kerja yang berlangsung antara karyawan dan perusahaan
- Bagaimana karyawan menunaikan pekerjaannya, termasuk sikap sampai dengan integritas karyawan
- Keterangan penyebab berakhirnya hubungan kerja
Dilihat dari isinya, tentu tak heran jika surat pengalaman kerja atau paklaring menjadi salah satu bahan pertimbangan oleh HR perusahaan.
Contoh Surat Pengalaman Kerja
1. Contoh Surat Pengalaman Kerja
PT Kuda Terbang Tinggi
Jl. Gelombang Cinta No. 99, Jakarta
Telepon: (021) 1236479
SURAT KETERANGAN PENGALAMAN KERJA
Nomor: XXCI/1234/ZZ20/2023
Saya yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama: Emier Abdurrahman
NIP: 0123908982
Jabatan: HRD
Dengan ini menyatakan sebenar-benarnya bahwa:
Nama: Hendi Budhiman
Jabatan: Sales Manager
Telah bekerja untuk PT Kuda Terbang Tinggi sejak tanggal 17 Agustus 2019 hingga 17 Agustus 2023 dengan jabatan terakhir sebagai Sales Manager. Hendi Budhiman memiliki kinerja yang baik dan mampu menyelesaikan tugasnya dengan tepat serta cepat.
Demikian surat pengalaman kerja ini dibuat agar dapat digunakan sebagaimana mestinya.
Jakarta, 25 Agustus 2023
Head of HR Department
Emier Abdurrahman
2. Surat Pengalaman Kerja Simple
PT ABC 123
Jl. Setiabudi Nomor 32, Bandung
SURAT PENGALAMAN KERJA
Certificate of Employment
No : 105/SPK-CX/V2023
Hal: Surat Pengalaman kerja
Dengan surat ini kami dari PT ABC 123 menyatakan bahwa:
Nama: Dede Sulaiman
Alamat: Jl. Anthurium Nomor 66, Arcamanik, Bandung
Jabatan: Content Writer
Merupakan karyawan PT ABC 123 sejak 5 Maret 2018 sampai dengan 7 September 2023. Saudara Dede Sulaiman merupakan seorang karyawan yang jujur, ulet, dan telah berkontribusi dengan baik terhadap perusahaan. Sehubungan dengan hal tersebut, saat ini yang bersangkutan telah mengajukan pengunduran diri atas kehendak pribadinya.
Kami selaku pihak perusahaan berterima kasih atas dedikasi dan loyalitas saudara Dede Sulaiman selama bekerja di PT ABC 123. Semoga saudara Dede Sulaiman mendapatkan kesuksesan yang ia harapkan di kemudian hari.
Bandung, 7 September 2023
Direktur PT ABC 123
3. Contoh Surat Pengalaman Kerja dari Perusahaan
SURAT KETERANGAN
No. JPX/2.1/7821A/ tanggal 31 Desember 2023
Yang bertanda tangan di bawah ini menerangkan bahwa:
Nama : Abdul Emier
NPP : 000666
Alamat : Jl. Bojong Kidul RT 002 RW 006 Baleendah, Bandung, 091821
Adalah benar pernah bekerja pada PT Mencari Harta Karun sebagai Tenaga Outsourcing PT Doa Ibu yang berkedudukan di Jl. Kopral Jono Kav. 1, Jakarta Pusat, 10330 dari tanggal 10 Januari 2018 sampai dengan 31 Desember 2023 dengan posisi terakhir sebagai Petugas Lapangan.
Demikian surat keterangan ini dibuat dengan sebenarnya untuk dipergunakan sebagaimana mestinya.
PT Mencari Harta Karun
Ilham Simanalagi
Liason SDM
4. Contoh Surat Pengalaman Kerja yang Baik dan Benar
PT Bersinar Terang Selamanya
Jl. Cibeunying No. 12, Bandung
Telepon: (022) 3232003
SURAT KETERANGAN PENGALAMAN KERJA
Saya yang bertanda tangan di bawah ini, Ilham Abdul atas nama Direktur Personalia, PT Bersinar Terang Selamanya, yang berkantor di Jl. Cibeunying No. 12, Bandung.
Menyatakan dengan sebenarnya bahwa:
Nama: Insan Nurahman
Jabatan: Staff Marketing
Telah bekerja untuk PT Bersinar Terang Selamanya sejak tanggal 1 Maret 2017 hingga 1 Mei 2023 dengan jabatan terakhir sebagai Staff Marketing.
Demikian surat pengalaman kerja ini dibuat agar dapat digunakan sebagaimana mestinya.
Bandung, 10 Mei 2023
Direktur Personalia
Ilham Abdul
5. Surat Pengalaman Kerja Manajer
6. Surat Keterangan sebagai Koordinator
7. Surat Keterangan Pernah Kerja di Bank
8. Surat Pengalaman Kerja Tenaga Kesehatan
9. Surat Pengalaman Kerja Administrasi Niaga
10. Pengalaman Kerja Guru
11. Contoh Surat Pengalaman Kerja Bahasa Inggris
12. Contoh Surat Pengalaman Kerja Word
13. Contoh Paklaring Alfamart
Fungsi Surat Pengalaman Kerja
Surat pengalaman kerja berfungsi sebagai bukti sah yang menyatakan bahwa kamu pernah bekerja di suatu perusahaan.
Surat pengalaman kerja juga befungsi sebagai sumber informasi bagi tim rekrutmen untuk mengetahui performa serta kinerja selama bekerja di perusahaan sebelumnya.
Surat ini akan menjadi salah satu dokumen penting, bahkan kerap menjadi persyaratan, ketika kamu melamar kerja di perusahaan lain.
Dengan demikian, tim rekrutmen di perusahaan baru yang kamu tuju akan mengecek curriculum vitae dan surat pengalaman kerja yang disertakan.
Syarat Penerbitan Surat Pengalaman Kerja
1. Mengundurkan Diri dengan Baik
Salah satu syarat utama penerbitan surat pengamalan kerja adalah karyawan mengundurkan diri dengan baik.
Setiap perusahaan memiliki peraturannya masing-masing terkait proses pengunduran diri, apakah itu two weeks notice, a month notice, atau two months notice.
Maka dari itu, ketika ingin mendapatkan paklaring kerja, ikutilah peraturan yang telah ditentukan oleh perusahaan.
2. Bekerja Minimal 1 Tahun
Syarat penerbitan paklaring kerja yang satu ini juga berbeda-beda di setiap perusahaan, tetapi biasanya harus bekerja minimal 1 tahun.
Masa kerja minimal 1 tahun ini dinilai pantas dan cukup matang untuk mendapatkan surat pengalaman kerja.
3. Meneyelsaikan Kewajiban
Dalam beberapa kasus, karyawan yang akan mengundurkan diri bisa saja melupakan kewajibannya dan malah bekerja seenaknya.
Hal ini akan memberikan citra buruk dan menunjukkan sikap tidak profesional.
Dengan demikian, HR pasti akan berpikir dua kali untuk menerbitkan surat pengalaman kerja.
Cara Membuat Surat Pengalaman Kerja
Surat pengalaman kerja bukan merupakan surat yang bisa dibuat oleh karyawan, tetapi dibuat oleh perusahaan melalui personalia atau HR.
Berikut adalah beberapa hal yang harus diperhatikan dalam pembuatan surat pengalaman kerja:
- Menulis secara lengkap data diri karyawan yang bersangkutan, termasuk mencantumkan posisi karyawan tersebut di perusahaan
- Mencantumkan informasi berapa lama karyawan yang bersangkutan bekerja di perusahaan
- Mencantumkan kelebihan, kinerja, dan prestasi karyawan tersebut secara jelas
Bagi karyawan, jika telah memenuhi persyaratan untuk mengajukan surat pengalaman kerja dan perusahaan menolak, karyawan memiliki hak dan bisa mengajukan gugatan ke Pengadilan Perdata setingkat Pengadilan Negeri.
Meski demikian, mengajukan gugatan sebenarnya tidak disarankan karena lebih memberikan dampak buruk terhadap karyawan itu sendiri.
Format Surat Pengalaman Kerja
Apabila kamu berencana membuat surat pengalaman kerja tapi masih bingung bagaimana format yang benar, kamu bisa mengunduh format surat pengalaman kerja ini.
Format surat pengalaman kerja tersebut menggunakan struktur yang ideal, yakni dimulai dengan KOP, judul, nomor surat, keterangan, hingga tanda tangan.
FAQ Surat Pengalaman Kerja
Apakah surat pengalaman kerja bisa di buat sendiri?
Surat pengalaman kerja tidak bisa dibuat sendiri oleh karyawan yang bersangkutan, sebab surat ini harus sibuat oleh perusahaan, tepatnya oleh HRD.
Surat pengalaman kerja kaya gimana?
Surat pengalaman kerja adalah sebuah dokumen yang memuat informasi mengenai jabatan terakhir, masa kerja, keterampilan, serta kepribadian seorang karyawan selama bekerja di suatu perusahaan.
Apa itu surat keterangan aktif bekerja?
Surat keterangan aktif bekerja adalah surat yang berisi keterangan yang menunjukkan pelamr seleksi telah bekerja minimal dua tahun di perusahaan swasta atau instansi pemerintah.
Surat pengalaman kerja di ttd oleh siapa?
Untuk karyawan yang bekerja di instansi pemerintah, surat pengalmaan kerja ditandatangani oleh paling rendah pejabat pimpinan tinggi pratama.
Sedangkan untuk karyawan swasta, surat pengalaman kerja dapat ditandatangani oleh pimpinan tempat bekerja.
***
Itulah penjelasan dan contoh surat pengalaman kerja atau paklaring.
Simak artikel informatif lainnya hanya di www.99updates.id dan Google News.
Sedang mencari hunian dan belum ada yang pas? Tenang, dapatkan rekomendasi terbaik melalui www.99.co/id.
Menemukan hunian impian kini jadi #SegampangItu!
**Referensi:
- Dominguez, Susanti. (2008). Model Surat Profesional untuk Perusahaan. Bandung: PT Citra Aditya Bakti
- Handika, M., Khoirul Bahtiar Zega, dan Ayu Andini. (2020). Cara Mudah Menulis Surat Lamaran Kerja. Guepedia
- Tim Visi Yustisia. (2016). Pekerja Melek Hukum: Hak dan Kewajiban Pekerja Kontrak. Jakarta: PT Visimedia Pustaka