Tak hanya CV atau riwayat hidup, surat lamaran kerja pun jadi faktor utama kamu lolos ke tahap selanjutnya lo. Yuk, pelajari cara membuat surat lamaran kerja yang efektif berikut ini!
Masih sedikit orang yang memahami seperti apa surat lamaran kerja yang baik.
Bahkan, banyak yang hanya menuliskan ulang informasi pribadinya seperti yang tercantum dalam riwayat hidup.
Alhasil, bukannya menarik, staf HRD bisa jadi tidak akan melirik CV yang kamu kirimkan sama sekali.
Agar ini tidak terjadi, berikut beberap tips cara membuat surat lamaran kerja yang efektif sebagai referensimu!
Rangkuman tips membuat surat lamaran kerja yang efektif:
- Baca dengan baik persyaratan lowongan kerja
- Gunakan tata bahasa yang benar sesuai KBBI
- Tulis dengan jelas surat ditunjukan kepada siapa dan untuk apa
- Jangan menulis ulang informasi di CV
- HIndari penggunaan kata ‘saya’ yang terlalu banyak
- Tampilkan rasa antusiasme untuk bekerja di sana
- Antusias namun tidak tampak memohon pekerjaan
Cara Membuat Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar
1. Baca dengan Baik Persyaratan Lowongan yang Ada
Sebelum menulis surat lamaran kerja, kamu harus pastikan persyaratan perusahaan sesuai dengan yang kamu miliki.
Jangan asal mengirim lamaran, sebab ini hanya akan menyulitkan dirimu sendiri.
Selain itu, dengan mengetahui persyaratan perusahaan, isi surat lamaranmu akan lebih jelas tujuannya.
2. Gunakan Tata Bahasa yang Benar
Entah ditulis tangan ataupun diketik, pastikan kamu membuat surat lamaran kerja dengan bahasa baku.
Bahasa baku merupakan tata bahasa yang sesuai dengan Kamus Besar Bahasa Indonesia.
Jangan menggunakan singkatan kata dan yang berasal percakapan sehari-hari.
Pastikan pula kamu menyampaikan tujuan surat tersebut dengan singkat, padat, dan jelas.
Tidak berputar kemana-kemana dan tampak berbelit-belit.
3. Tulis Tujuan Surat dengan Jelas
Surat yang kamu buat harus jelas tujuannya kemana dan kepada siapa.
Tak hanya nama perusahaan, kamu pun sebaiknya menuliskan alamatnya.
Ini dilakukan untuk menunjukkan bahwa pelamar memang tidak asal mengirim surat, ia sudah melakukan riset awal terlebih dahulu.
Sertakan pula alasanmu melamar posisi tersebut dan dari mana mendapatkan informasi lowongan pada paragraf awal.
Baca Juga:
Wajib Tahu! Begini 4 Cara Nego Gaji Saat Interview atau Promosi Naik Jabatan | Dilengkapi Tips
4. Jangan Menulis Ulang Informasi di CV
CV merupakan daftar riwayat hidup seseorang yang berisi hard fact dirinya.
Informasi tersebut bisa dengan mudah dicek kebenarannya dengan melakukan verifikasi di lapangan.
Sementara surat lamaran kerja merupakan bentuk komunikasimu dengan recruiter atau staf HRD.
Pada surat ini yang perlu kamu sampaikan adalah alasan ingin bergabung, karakter diri, dan apa yang bisa kamu berikan pada perusahaan.
Bisa dibilang, ini merupakan bentuk soft marketing dalam mencari pekerjaan.
Jadi, jangan tulis ulang informasi dasar yang sudah ada dalam CV seperti riwayat pekerjaan atau pendidikan ya!
Gunakan kata-kata baru agar lamaranmu lebih menarik untuk HRD.
5. Hindari Terlalu Banyak Menggunakan Kata “Saya”
Kata “saya” merujuk pada diri sendiri dan terkesan individualis.
Jangan terlalu banyak menggunakan kata tersebut dalam surat lamaran.
Ini akan membuatmu tampak berfokus pada apa yang bisa kamu dapatkan atau kamu terima dari perusahaan.
Ubah fokus kalimat menjadi apa yang akan diperoleh perusahaan jika mempekerjakanmu di sana.
6. Tampilkan Rasa Antusiasmu dalam Surat Lamaran Kerja
Ketika perusahaan membuka lowongan pekerjaan, sudah tentu yang mereka inginkan adalah calon karyawan yang loyal dan antusias akan pekerjaannya.
Maka gunakanlah kalimat kerja aktif yang dinamis dalam surat lamaranmu.
Agar staf HRD menangkap asntusiasme dan kesungguhanmu dalam melamar pekerjaan.
7. Antusias Namun Tidak Tampak Memohon
Bedakan antusiasme dan sikap memohon ya, Sahabat 99.
Jangan sampai karena sangat ingin diterima kamu tampak memohon kepada staf HRD.
Contoh kalimat memohon yakni:
“Saya tunggu jawaban Anda, saya mohon untuk mempertimbangkan lamaran ini dan memberi saya kesempatan.”
Gunakanlah kata-kata yang halus dan tidak terkesan memaksa, serta menunjukkan antusiasmemu untuk bekerja disana.
Misalnya saja kalimat seperti ini,
“Saya menantikan kabar baik dari Anda dan berharap mendapat kesempatan untuk menjelaskan tentang diri saja lebih lanjut.”
Meski terlihat sama, kata “mohon” dan “harap” memiliki kesan yang berbeda ketika digunakan.
Tips Tambahan: Cara Membuat Lamaran Kerja dengan Tulisan Tangan
Kebanyakan perusahaan meminta pelamar untuk mengirim berkas dalam bentuk soft file.
Namun, ada pula yang masih meminta mereka mengirimnya dalam bentuk hard file atau berkas asli.
Nah, jika kamu membuat surat lamaran dengan ditulis tangan, ada tips tambahan yang perlu diingat.
Berikut tips-tips tambahan tersebut:
- Pastikan tidak ada salah tulis atau typo dengan membaca ulang surat yang ditulis.
- Jika ada kesalahan, tulis ulang surat dan jangan menghapus atau membubuhkan tip-ex diatas kertas.
- Hindari menggunakan tulisan tegak bersambung karena akan sulit terbaca.
- Alasi tangan dengan tisu saat menulis agar gesekan tangan dan kertas tidak membuatnya kotor.
- Bubuhkan tanda tangan dengan rapi dan cermat.
Format Surat Lamaran Kerja yang Baik
1. Format Surat Lamaran Kerja
Nah, setelah mengetahui tips cara membuat surat lamaran kerja yang efektif mari kita bedah seperti apa format surat yang perlu dibuat.
Format ini berlaku untuk surat lamaran kerja yang diketik maupun tulis tangan.
- Tempat dan tanggal penulisan di pojok kanan
- Perusahaan yang dituju beserta nama staf HRD bersangkutan, ditulis rata kiri
- Salam hormat
- Kata pengantar atau pembuka surat
- Biodata singkat, jika ingin menulis pendidikan masukan yang tertinggi saja
- Pengalaman kerja terakhir dan kemampuan, lengkapi dengan apa yang bisa didapat perusahaan dari skill yang kamu miliki
- Jelaskan lampiran berkas lainnya yang kamu sertakan
- Penutup surat
- Nama jelas dan tanda tangan pelamar
Baca Juga:
6 Tips Wawancara Kerja Sukses | Pertanyaan Jebakan Apa Saja yang Harus Diwaspadai, ya?
2. Contoh Cara Membuat Surat Lamaran Kerja yang Efektif
Bandung, Juni 2020
Kepada Yth,
HRD Manager 99.co Indonesia
Jln. Karang Tinggal No.1, Cipedes, Kec Sukajadi,
Kota Bandung, Jawa Barat
Perihal: Lamaran Pekerjaan
Dengan hormat,
Berdasarkan informasi yang saya peroleh dari LinkedIn, bahwa 99.co Indonesia membuka beberapa lowongan pekerjaan. Dengan surat lamaran ini saya bermaksud untuk bergabung dengan perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Adapun bagian pekerjaan yang dimaksud adalah bagian Marketing di 99.co Indonesia.
Berikut ini adalah biodata singkat saya:
Nama : _____________________
Tempat/Tanggal Lahir : _____________________
Jenis Kelamin : _____________________
Pendidikan Terakhir : _____________________
Alamat : _____________________
Telepon (HP) : _____________________
Saya memiliki motivasi dan dedikasi yang tinggi, tanggung jawab pekerja keras, teliti, dan disiplin dalam bekerja. Latar belakang pendidikan memberi saya kemampuan komunikasi yang baik untuk menjalankan profesi sebagai Marketing dan membawa klien bagi perusahaan.
Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan dokumen pendukung, antara lain:
- Curriculum Vitae
- Ijazah (fotokopi)
- Transkrip nilai (fotokopi)
- Foto 3×4 terbaru
Saya berharap dapat diberikan kesempatan wawancara, sehingga dapat menjelaskan secara lebih terperinci tentang potensi diri dan apa yang bisa diberikan untuk perusahaan.
Demikian yang saya sampaikan. Terima kasih atas segala perhatiannya.
Hormat Saya
(Nama lengkap)
3. Contoh Cara Membuat Surat Lamaran Kerja ke Bank
Sumber: dreambegins.com
4. Contoh Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Lainnya
Sumber: dreambegins.com
***
Semoga informasinya bermanfaat Sahabat 99.
Simak artikel menarik lainnya di Berita Properti 99.co Indonesia.
Sedang mencari perumahan di Jakarta, Surabaya, Bali, atau kota lainnya?
Kunjungi 99.co/id dan temukan hunian impianmu sekarang!